kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45890,66   -10,16   -1.13%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kualitas Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Saat Arus Mudik 2024 Direspons Positif


Rabu, 15 Mei 2024 / 21:44 WIB
Kualitas Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Saat Arus Mudik 2024 Direspons Positif
ILUSTRASI. Pemudik pejalan kaki menunggu antrean masuk ke dalam kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (6/4/2024). Sebanyak 222 ribu orang dan 46.250 kendaraan roda empat diseberangkan dari Pelabuhan Merak, Banten menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung menggunakan sarana transportasi laut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada 3 - 5 April 2024. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/Spt.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penanganan arus mudik dan balik 2024 oleh PT ASDP Indonesia Ferry mendapat apresiasi dari berbagai pihak karena menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menyatakan bahwa peningkatan kualitas terlihat dari tahap pra-perjalanan, perjalanan, hingga pasca-perjalanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Secara keseluruhan, sangat memadai, mulai dari kemudahan pembelian dan pemesanan tiket secara online, area check-in pelabuhan yang nyaman, hingga layanan penanganan pengaduan seperti barang hilang," kata Tulus. Berdasarkan survei YLKI, kepuasan konsumen ASDP mencapai 98,8%.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan di Bakauheni, ASDP Operasikan Pelabuhan Panjang menuju Ciwandan

Namun, Tulus mencatat masih ada pekerjaan rumah, terutama dalam meningkatkan literasi agar layanan pembelian tiket online dapat menjangkau lebih banyak kalangan. 

"Masih banyak yang gagap teknologi, sehingga beberapa orang masih membeli tiket langsung di pelabuhan dan ada yang belum tahu aturan larangan merokok," tambahnya.

Djoko Setijowarno, Akademisi Universitas Soegijapranata Semarang, juga memuji peran besar ASDP dalam manajemen arus mudik dan balik di pelabuhan serta fungsi regulator dalam operasional kapal. 

"Sistem manajemen operasional kapal sudah baik, tetapi ASDP masih menghadapi tantangan dalam mengelola kemacetan dari arah tol Jakarta," ujarnya. Dia berharap ASDP tetap konsisten dengan program yang sudah berjalan.

Baca Juga: Jutaan Pemudik Bakal Memasok Triliunan Rupiah Hingga Pelosok

Ilham Malik, Akademisi Institut Teknologi Sumatera (Itera), juga menyoroti kinerja positif ASDP. "Secara keseluruhan bagus, namun persoalan kepadatan di jalan tol dan jalan raya masih terjadi," katanya.

Menurut Ilham, ASDP yang berpengalaman harus memimpin pengendalian arus lalu lintas menuju pelabuhan, baik di Merak maupun Bakauheni.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menyebutkan selama periode Angkutan Lebaran mulai 3 April 2024 hingga 18 April 2024, ASDP melayani 4,14 juta penumpang dan lebih dari 1 juta kendaraan. ASDP menyiapkan total 51 dermaga dan 215 unit kapal.

Adapun delapan lintasan yang dipantau secara nasional selama Posko Lebaran 2024 adalah Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Jangkar-Lembar, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Ajibata-Ambarita, Bajoe-Kolaka, Tj. Api-Api-Tj. Kalian, dan Penajam-Kariangau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×