kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -2.000   -0,13%
  • USD/IDR 15.875   5,00   0,03%
  • IDX 7.314   118,54   1,65%
  • KOMPAS100 1.121   16,95   1,53%
  • LQ45 892   14,50   1,65%
  • ISSI 223   2,40   1,09%
  • IDX30 459   10,01   2,23%
  • IDXHIDIV20 553   13,38   2,48%
  • IDX80 129   1,38   1,09%
  • IDXV30 137   2,73   2,03%
  • IDXQ30 152   3,22   2,16%

Kuartal II, pengelola KFC yakin penjualannya naik


Rabu, 20 Mei 2015 / 21:52 WIB
Kuartal II, pengelola KFC yakin penjualannya naik
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi saat festival Li Chun satu hari sebelum perayaan Imlek di Bank UOB Indonesia Jakarta, Senin (4/2). UOB Indonesia Dapat Tambahan Modal Rp 1,5 Triliun, Digunakan Untuk Apa?


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) pengelola jaringan restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) optimis menatap bisnis makanan cepat saji di kuartal II 2015. Biarpun target perseroan di kuartal I tak sesuai harapan.

Perseroan pada kuartal I 2015 menargetkan bisa mencapai pertumbuhan pendapatan 7%-10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun berdasarkan laporan kinerja kuartal I 2015, FAST hanya mencatatkan pendapatan Rp 1,002 triliun atau hanya tumbuh 3,4% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Justinus Dalimin Juwono, direktur FAST mengatakan pertumbuhan pendapatan di kuartal I memang melambat karena daya beli masyarakat yang turun. Menurutnya, hal tersebut tidak hanya dialami oleh FAST, tetapi juga semua pelaku ritel lainnya. Akan tetapi perseroan optimis akan ada peningkatan pendapatan di kuartal II 2015.

"Perlambatan ini hanya sesaat saja. Di kuartal II akan mulai bangkit lagi karena menyambut liburan anak sekolah dan juga memasuki puasa lebaran. Kedua faktor tersebut bisa mengejar pertumbuhan penjualan yang lebih baik dibandingkan kuartal I," kata Justinus, Rabu (20/5).

Selain itu, dari sisi makro ekonomi, Justinus mengatakan pemerintah dikabarkan akan memulai pembangunan infrastruktur di kuartal II. Hal tersebut bisa membuat pelaku sektor riil kembali optimis untuk bisa mengembalikan penjualan-penjualan di industri ritel yang melambat di kuartal I 2015.

"Kami harap hal tersebut bisa berikan semangat baru kepada kami jika pemerintah benar-benar pengeluaran anggaran pembangunan nantinya bisa dijalankan," katanya.

Dengan adanya dua faktor pendukung tersebut, Justinus pun optimis perseroan bisa meningkatkan pendapatan sebesar 10%-12% di kuartal II.

Tambah gerai

Pertumbuhan pendapatan tersebut juga akan didukung oleh pembukaan gerai baru sebanyak 10 gerai hingga 12 gerai di kuartal II. Hingga akhir Mei 2015 nanti, Justinus mengatakan pihaknya akan membuka 16 gerai baru. Sebanyak 10-13 gerai telah dibuka sepanjang kuartal I 2015.

Gerai-gerai tersebut terletak di berbagai kota di Indonesia seperti di Jabotabek, Jatim, Jateng, dan Sulawesi. Kontribusi dari Jabotabek sendiri mencapai 20% terhadap pendapatan perseroan.

Sementara untuk wilayah Jawa secara keseluruhan berkontribusi sebesar 40%-45% terhadap pendapatan perseroan, sisanya sebesar 60%-55% berasal dari luar Pulau Jawa.

Selain melakukan pembukaan gerai baru, Justinus juga bilang pihaknya tengah menyiapkan berbagai paket-paket combo untuk dijual menjelang bulan Ramadhan. Dari promosi paket-paket combo tersebut, Justinus menyebut pihaknya bisa meningkatkan penjualan sampai 10%-15% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk meningkatkan pendapatan, perseroan juga tengah merancang dan mempersiapkan sistem pemesanan online dan home delivery agar bisa berkontribusi lebih maksimal. Saat ini, Justinus mengaku kontribusi dari pemesanan online dan delivery masih kecil. "Untuk itu, kami saat ini serius menggarap sistem pemesanan online dan home delivery agar bisa menjadi saluran bisnis kami yang baru," ujarnya.

Sampai akhir tahun ini, FAST menargetkan bisa memperoleh pendapatan mencapai Rp 4,97 atau meningkat sebesar 15,53% dari pendapatan tahun 2014 sebesar Rp 4,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×