Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan
BANDUNG. Penjualan mobil oleh PT Astra International Tbk periode Januari-September 2013 mencapai 479.000 unit, yang mencakup merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks dan Peugeot.
Head of Investor Relations PT Astra International Tira Ardianti menjelaskan, penjualan itu mengalami kenaikan sebesar 7% dari periode yang sama tahun lalu. Namun demikian, dari penguasan pasar, Astra mencatatkan penurunan dari 55% menjadi 53%.
"Kenaikan penjualan masih didukung income masyarakat Indonesia yang meningkat. Selain itu, meskipun ada regulasi DP syariah tahun ini dan kenaikan harga BBM bersubsidi, tapi kenaikan financial services masih meningkat," ujar Tira.
Menurut Tira selama 9 bulan pertama tahun 2013, Astra meluncurkan 22 mobil jenis baru dan 12 model facelift. Jumlah Ini termasuk pula mobil murah ramah lingkungan (low cost green car /LCGC), yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla yang mulai dipasarkan pada bulan September lalu.
"Mobil ini adalah produk pertama yang didesain oleh anak bangsa. Konten sudah 85% dan akan terus ditambah," kata Chief of Corporate Communication PT Astra International Tbk Arief Istanto dalam kesempatan yang sama. (Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.com)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News