kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kuasai market share 42% di Sulawesi, Hino tambah depo di Makassar


Rabu, 09 Oktober 2019 / 10:04 WIB

Kuasai market share 42% di Sulawesi, Hino tambah depo di Makassar
ILUSTRASI. Tingkatkan Distribusi Suku Cadang di Indonesia Timur Hino Dirikan Part Depo ke 5 di Makassar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menambah depo suku cadang terbaru di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan. Depo ini merupakan sentra suku cadang Hino untuk area kawasan Indonesia Timur.

Depo tersebut memiliki total kapasitas penyimpanan suku cadang Hino sebanyak 6.000 item dengan luas area sebesar 1.200 meter persegi. 

“Kami berharap depo baru ini bisa berkontribusi untuk meningkatkan pelayanan purna jual dan memudahkan distribusi suku cadang resmi ke diler-diler lainnya,” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI dalam rilis media yang diterima Kontan.co.id, Rabu (9/10).

Baca Juga: Ekspor mobil ke Vietnam mulai menggeliat lagi

Pembukaan Depo suku cadang Hino di Makassar dapat mempersingkat waktu pengiriman suku cadang dan meningkatkan performa pelayanan purna jual. Tentunya manajemen berharap dengan waktu yang lebih cepat ini dapat memaksimalkan waktu operasional kendaraan bisnis customer untuk meraih profit yang maksimal dalam bisnisnya.

Sebagai contoh, sebelumnya pengiriman leadtime untuk area Makasar 6 hari kini dengan adanya depo Makasar lebih cepat menjadi hanya 1 hari.

Begitu pun untuk Kendari dari 10 menjadi 4 hari, untuk Palu, Gorontalo, Manado dan Maluku dari sebelumnya rata – rata 11 hari kini hanya 6 hari. Terlebih lagi untuk Sorong, Papua Barat dari sebelumnya 2 minggu kini menjadi 1 minggu rata- rata waktu pengiriman.

Baca Juga: Sektor tambang lesu, penjualan truk kelas berat turun tahun ini

Selain itu, pembukaan depo suku cadang terbaru ini juga menjadi bagian perencanaan jangka panjang yang dilakukan oleh HMSI terkait kebutuhan suku cadang dan pelayanan servis kendaraan untuk Indonesia Timur yang saat ini sedang gencar dilakukan pembangunan oleh pemerintah.

Seperti pembangunan jalan tol Trans Sulawesi, pengembangan kawasan kota baru di Sofifi dan Sorong, pembangunan jalan Trans Papua dan proyek – proyek strategis lainnya.

Di mana Hino sebagai market leader, terus memiliki penjualan yang meningkat setiap tahunnya di area Sulawesi, pangsa pasar Hino untuk area Pulau Sulawesi di tahun lalu menguasai sebanyak 42% market share dan ini meningkat dibanding periode sebelumnya yang hanya 40%. 

Baca Juga: Produsen Truk Siap Menjalankan Program B30

Depo suku cadang Hino di Makassar merupakan depo kelima yang Hino miliki, setelah sebelumnya Hino sudah memiliki satu pusat suku cadang yang terletak di Jatake, Tangerang dan empat depo suku cadang yang sudah lebih dulu berdiri di Banjarmasin, Surabaya, Balikpapan, dan Medan. Saat ini lebih dari 300,000 unit Hino beroperasi di Indonesia.


Reporter: Agung Hidayat
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×