Reporter: Merlinda Riska | Editor: Uji Agung Santosa
JAKARTA. Sepanjang 2014, PT XL Axiata Tbk alami pertumbuhan layanan data dan value added services (VAS) sebesar 42% dan 50%. Layanan data memberikan kontribusi sebesar 29% terhadap total pendapatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berkontribusi 23%.
Berdasar rilis XL yang diterima KONTAN, Jumat (6/2), kedua pendapatan tersebut mendorong peningkatan pendapatan kotor (gross revenue) XL sebesar 10% dari tahun sebelumnya menjadi Rp 23,6 triliun. Selain itu, XL juga berhasil meningkatkan pendapatan pada layanan percakapan dan SMS dari tahun sebelumnya, masing-masing sebesar 3%.
Deputi CEO XL Dian Siswarini mengatakan, pertumbuhan pendapatan layanan data dipicu oleh tingginya trafik penggunaan data dan meningkatnya penetrasi pengguna smartphone. "Tahun ini trafik layanan data tumbuh 127% dari tahun sebelumnya. Pengguna smartphone meningkat menjadi 16,1 juta dengan rata-rata penetrasi sebesar 27% di tahun 2014," kata Dian.
Dian bilang, untuk menggenjot layanan data, XL juga menambah layanan 4G di empat kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bogor, dan Medan. Selain itu, XL juga lakukan strategi yang proaktif, antara lain dengan merencanakan peluncuran program bundling perangkat 4G dengan konten gratis berupa layanan digital.
Tak hanya itu, XL juga menawarkan kartu perdana baru guna mendukung kesuksesan Paket XL Internet Unlimited, yakni kartu perdana Internet Super Unlimited. Kartu perdana ini dilengkapi dengan paket data yang sederhana serta batas penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna baru.
Sepanjang tahun 2014, XL terus melakukan kolaborasi dengan memberikan penawaran paket bundling perangkat smartphone dengan vendor seperti Apple, Asus, Samsng, Blackberry, LG, Sony, dan Nokia. Tahun ini pun XL akan melanjutkan tawaran paket bundling yang menarik bagi pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News