Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asst. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Holik Muardi menjelaskan, situasi layanan Kalayang (skytrain) di Bandara Soekarno-Hatta yang mengalami gangguan pada Minggu (16/2/2025).
Holik menyampaikan, berdasarkan informasi dari PT Len Rekaprima Semesta (LRPS) selaku operator fasilitas layanan Kalayang di Bandara Soetta, saat ini kalayang tidak dapat beroperasi akibat gangguan pada salah satu perangkat pendukung.
Baca Juga: Ingin Kerja ke Luar Negeri? Kenali Perbedaan Paspor dan Visa hingga Jenisnya
PT Len sebagai pihak yang bertanggung jawab atas sistem Kalayang menyampaikan bahwa saat ini masih dalam proses perbaikan.
Namun belum dapat dipastikan kapan fasilitas tersebut bisa kembali beroperasi secara normal.
"PT Angkasa Pura Indonesia KC Bandara Soekarno-Hatta sebagai pengelola bandar udara memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jasa akibat kondisi ini," ujar Holik dilansir siaran pers pada Minggu.
Baca Juga: Baru dari DAMRI: Rute Bandung-Yogyakarta (PP), Tarif Mulai Rp 190.000
Untuk memastikan kelancaran perpindahan antar terminal, Bandara Soetta telah menyiapkan layanan transportasi alternatif dengan menambah jumlah armada dan personel pelayanan guna memastikan pengguna jasa tetap dapat beraktivitas dengan nyaman.
Sebagai langkah antisipasi, telah disiapkan 25 unit bus yang melayani rute dari Stasiun Kereta Bandara menuju Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.
Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga meningkatkan jumlah personel dari Aviation Security dan bekerja sama dengan petugas Kereta Bandara serta Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan operasional transportasi pengganti ini berjalan lancar.
Informasi mengenai layanan ini juga telah disampaikan melalui media sosial, digital banner, dan standing sign di setiap terminal agar mudah diakses oleh pengguna jasa.
"Bandara Soekarno-Hatta terus berkoordinasi secara intensif dengan PT Len Rekaprima Semesta agar gangguan ini dapat segera teratasi. Kami menekankan pentingnya penyelesaian masalah ini sesegera mungkin agar layanan transportasi di bandara dapat kembali berjalan optimal," jelas Holik.
Baca Juga: Mudik Lebaran 2025, KAI Siapkan Tambahan Kereta, Ini Informasinya
Ia melajutkan, Bandara Soetta terus mendorong PT Len Rekaprima Semesta untuk segera menyelesaikan perbaikan agar layanan kalayang bisa kembali beroperasi.
“Kami memahami pentingnya transportasi yang efisien bagi para penumpang, terutama dalam perpindahan antar terminal. Oleh karena itu, kami meminta PT Len untuk mempercepat proses perbaikan agar layanan kalayang dapat kembali digunakan oleh pengguna jasa sesegera mungkin," tegasnya.
Ia pun mengimbau seluruh pengguna jasa kalayang agar mengatur waktu perjalanan. Pengguna juga diminta mengikuti arahan petugas lapangan untuk memastikan mobilitas di area bandara tetap lancar dan nyaman.
"Kami juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mengatur waktu perjalanan dengan baik serta mengikuti arahan petugas di lapangan guna memastikan mobilitas di area bandara tetap lancar dan nyaman,” tambah Holik.
Baca Juga: Tiket DAMRI Angkutan Lebaran 2025 Sudah Bisa Dipesan
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan di Bandara Soekarno-Hatta, silakan menghubungi contact center 138 dan 172.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Layanan Kalayang Bandara Soetta Alami Gangguan, Pengelola Siapkan Transportasi Alternatif ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2025/02/16/173019326/layanan-kalayang-bandara-soetta-alami-gangguan-pengelola-siapkan-transportasi.
Selanjutnya: Pembelian Gabah Masih di Bawah HPP Rp 6.500, Pengamat Ungkap Penyebabnya
Menarik Dibaca: Robert Kiyosaki Beri Peringatan akan Ada Depresi Besar, Waktu yang Baik Menjadi Kaya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News