kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran, Jasa Marga mengincar cuan naik 10%


Senin, 16 Juni 2014 / 08:30 WIB
Lebaran, Jasa Marga mengincar cuan naik 10%
ILUSTRASI. Tanpa disadari, ada banyak pasutri yang masih makan makanan yang menghambat kesuburan, loh. Ini bikin perempuan jadi susah hamil (Dok/Mom in the six)


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk berharap berkah dari perayaan Lebaran 2014. Mereka berharap tradisi mudik lebaran tahun ini akan mengerek penghasilan sekitar 10% ketimbang hari-hari biasa.

Adapun ruas jalan tol yang diprediksi menjadi sumber cuan adalah dua tol antarkota yakni tol Cikampek dan tol Palikanci (Cirebon). Prediksi lonjakan akan terjadi selama sekitar dua pekan saat musim mudik Lebaran.

Sayang David Wijayanto, Corporate Secretary Jasa Marga tak mau menyebutkan detil berapa nilai dari kenaikan 10% yang dimaksud. Dia hanya bilang musabab kenaikan pendapatan harian karena jumlah kendaraan yang melintas akan melonjak dari hari-hari biasa.

Jasa Marga memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas di tol Cikampek akan naik bertambah 1.000 kendaraan per hari ketimbang hari biasa, menjadi sekitar 35.000 per hari. Sementara jumlah kendaraan yang melintas di tol Palikanci akan meningkat dari 1.000 kendaraan per hari menjadi lebih dari 12.000 per hari. Malah saat puncak Lebaran berpotensi dilalui 48.000 kendaraan dalam sehari.

Penambahan jumlah kendaraan yang melintas biasanya terjadi saat arus mudik H-3 Lebaran. Sementara puncak arus balik diperkirakan bervariasi. "Kemungkinan arus balik dimulai pada H+5 Lebaran," beber David kepada KONTAN akhir pekan lalu.

Guna mendukung kelancaran lalulintas, saat jumlah kendaraan membludak, Jasa Marga saat ini tengah menyelesaikan perbaikan jalan. Perusahaan ini memastikan perbaikan jalan yang tinggal menyisakan pekerjaan di km 70 Cipularang, dan diprediksi selesai H-7 jelang Lebaran.

Di sisi lain, selama mudik nanti, pendapatan dari tol dalam kota bakal menciut. Jalur tol yang dimaksud adalah tol Jakarta–Bogor–Ciawi (Jagorawi). "Berpotensi turun 10% dari hari-hari biasanya karena banyak yang cuti," ujar David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×