kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebih dari 300 Ribu Kendaraan Lalui Jalan Tol Trans Sumatera di Libur Idul Adha


Rabu, 05 Juli 2023 / 14:43 WIB
Lebih dari 300 Ribu Kendaraan Lalui Jalan Tol Trans Sumatera di Libur Idul Adha
ILUSTRASI. Sejumlah pengendara antre saat membayar tarif tol di Gerbang Tol Amplas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Medan-Binjai di Medan


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023, PT Hutama Karya (Persero) mencatat Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sebanyak 328.282 kendaraan atau meningkat hingga 20% dibandingkan dengan VLL Normal.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa dalam kondisi normal, VLL di JTTS hanya mencapai sekitar 273.305 kendaraan saja.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, Tol Palembang - Indralaya, Tol Bengkulu - Taba Penanjung, Tol Pekanbaru - Dumai, Tol Pekanbaru - Bangkinang, Tol Binjai - Langsa, & Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 - 6.

“Pada akhir pekan kemarin, kami evaluasi banyak pengguna jalan yang memadati jalan tol sejak H-2 atau (28/06),” tutur Tjahjo,” dalam siaran pers, Rabu (5/7).

Baca Juga: Hutama Karya Lakukan Serangkaian Uji Laik Fungsi di Jalan Tol Indralaya – Prabumulih

Sementara itu, ruas tol yang mengalami peningkatan trafik paling tinggi, yakni Tol Pekanbaru – Bangkinang yang dilintasi sebanyak 34.498 atau naik sekitar 53% jika dibandingkan lalin normal.

“Untuk mengantisipasi kepadatan, kami melakukan penambahan personel mobile reader & top-up asongan untuk memperlancar arus lalu lintas serta menambahkan marka kejut, lampu flashing, melakukan operasi microsleep pada jam rawan kecelakaan dan himbauan keselamatan dan informasi lokasi rest area terdekat untuk mengantisipasi kecelakaan dan fatalitas,” imbuh Tjahjo.

Hutama Karya juga telah mengoperasikan tanpa tarif Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang - Baitussalam) dengan trafik yang cukup baik, di mana sejak Rabu, 21 Juni yang hingga Senin, 3 Juli telah dilalui hingga 10.781 kendaraan.

Menurutnya, dengan beroperasinya seksi ini semakin meningkatkan mobilitas masyarakat yang akan melintas dari arah Seulimeum menuju Baitussalam, termasuk akses ke Pelabuhan Malahayati di Baitussalam, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang dan Pusat Pendidikan di Kuta Baro.

Baca Juga: Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Ditargetkan Selesai Bulan Juli 2023

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama karya tidak bosan menghimbau seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×