kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lelang gula rafinasi melalui beauty contest


Minggu, 10 September 2017 / 22:33 WIB
Lelang gula rafinasi melalui beauty contest


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Kementerian Perdagangan (Kemdag) telah mewajibkan lelang gula rafinasi mulai 1 Oktober 2017. PT Pasar Komoditas Jakarta (PKJ) pun telah ditunjuk sebagai penyelenggara pasar lelang tersebut.

Menurut Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemdag, Bachrul Chairi penunjukan tersebut tidak dilakukan secara asal, namun mengikuti prosedur yang ada.

"Terdapat Peraturan Presiden nomor 4 tentang pelelnagan. Prosedur tentang lelang itu sudah bagus, ada pengumuman lelangnya, kemudian orang-orang yang berminat juga bisa masuk," tutur Bachrul kepada KONTAN, Minggu (10/9).

Bachrul juga mengungkap, PKJ dipilih melalui beauty contest. Selain PKJ, terdapat 3 perusahaan lain yang berminat mendaftar sebagai penyelenggara lelang. Namun, PKJ dipilih lantaran memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan peserta lainnya. Sayangnya, Bachrul tidak menyebut nama-nama perusahaan yang mengikuti beauty contest tersebut.

"Semua yang bisa mengikuti lelang itu adalah perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkan persetujuan menjadi perusahaan yang bergerak di bidang lelang. Perusahaan yang mau menjadi peserta lelang itu harus memenuhi berbagai persyaratan," tutur Bachrul.

Menurut Bachrul syarat pertama adalah perusahaan tersebut harus memiliki sistem lelang. Bachrul bilang, sistem yang mereka miliki akan diuji dengan minimum standard lelang yang akan dilakukan Kemdag.

Bagaimana sistem komputerisasinya, pengalaman perusahaan tersebut, serta memiliki perencanaan lelang dalam jangka waktu tiga tahun ke depan. Bila semua syarat tersebut sudah dimiliki, Kemdag lalu akan menyetujui perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang siap melakukan lelang.

Bachrul juga menyebutkan, terdapat 16 perusahaan atau badan hukum yang sudah mendapatkan sertifikasi untuk bisa melakukan lelang. "Ada koperasi, BUMD, dinas perdagangan dan swasta. Yang berbentuk PT ada 6, dan keenamnya kita undang untuk ikut. Jadi tidak langsung tunjuk tetapi lewat beauty contest," tambahnya lagi.

Hingga saat ini, Bachrul mengungkap sudah terdapat lebih dari 300 peserta yang sudah mendaftar untuk ikut dalam lelang gula rafinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×