kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Lenovo rilis seri baru untuk kejar pangsa pasar RI


Selasa, 11 November 2014 / 20:14 WIB
Lenovo rilis seri baru untuk kejar pangsa pasar RI
ILUSTRASI. Jumat (26/5), nilai tukar rupiah spot ditutup melemah tipis 0,01% ke Rp 14.955 per dolar Amerika Serikat (AS) dibanding hari sebelumnya.


Reporter: Namira Daufina | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Persaingan smartphone yang gencar terlihat dari semakin banyaknya penetrasi varian di pasar Indonesia. Salah satu yang sedang memperluas pasarnya di Indonesia adalah Lenovo. Memasuki di akhir 2014, Lenovo merilis 4 lagi produk smartphone miliknya.

Empat produk baru itu berasal dari seri A dan S yang merupakan tulang punggung Lenovo untuk memperkuat market sharenya. Lenovo kembali merilis produk seri A yakni Lenovo Muszik A319, Selasa (11/11). Seri A merupakan penyumbang terbesar penjualannya di Indonesia untuk produk smartphone.

"Penjualan produk seri A Lenovo ini menyumbang 30% -35% dari keseluruhan smartphone di pasar Indonesia," kata Miranda Vania Warokka, MIDH Marketing Manager Lenovo Indonesia, Selasa (11/11).  

Meski enggan berbicara penjualan Lenovo smartphone di Indonesia, namun diakui oleh Miranda bahwa sampai Oktober 2014, pengapalan unit Lenovo mencapai 1 juta unit. untuk 2015 Lenovo menjadikan angka tersebut sebagai target pengapalan produknya.

Saat ini fokus penjualan Lenovo Indonesia hanya untuk konsumen atau ritel. "Pure 100% konsumen," papar Miranda. Ini pula yang menjadikan Lenovo memilih PT Trikomsel Oke Tbk sebagai mitranya.

Sebab Trikomsel sudah memiliki lebih dari 15.000 ritel yang tersebar di seluruh Indonesia. Hendra Gunawan, Head of Marketing and Communication Trikomsel mengakui bahwa pasar Lenovo terus tumbuh aktif. Dengan target di 2015 mampu masuk ke dalam 3 besar penjualan smartphone Indonesia.

Memandang 2015, Miranda mengakui bahwa Lenovo Indonesia akan berfokus pada brand building melalui varian seri Vibe. Sedangkan untuk pengembangan market share akan dilakukan lewat produk seri A dan S. "Vibe sasarannya premium dan seri A dan S itu yang menengah ke bawah atau terjangkau," paparnya.

Tidak hanya itu, Lenovo Indonesia juga siap bersaing lewat inovasi pada daya tahan baterainya serta fitur 4G. "Jika saat ini pertumbuhan penjualan masih single digit, di 2015 targetnya naik ke double digit," kata Miranda. Yang mana hal itu dilakukan dengan inovasi produk. Lenovo Indonesia sendiri merilis 6 produk baru dalam setiap kuartal. Pada 2015 mendatang, gempuran produk Lenovo akan dimulai pada Maret 2015. Dengan fokus utama penjualan di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Yogyakarta.

General Manager Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Basuki Ebtayani mengakui, pengguna paket bundling Telkomsel untuk Lenovo terus meningkat. "Pengguna Lenovo Telkomsel saat ini sekitar 1,5 juta orang dengan pertumbuhan 6%," katanya. Telkomsel menargetkan pertumbuhan pengguna Lenovo Telkomsel akan mencapai 12% hingga 15% di tahun 2015 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×