kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Libur Natal, Okupansi Hotel Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) Melonjak


Kamis, 28 Desember 2023 / 11:16 WIB
Libur Natal, Okupansi Hotel Jaringan Hotel Indonesia Group (HIG) Melonjak


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hotel Indonesia Group (HIG), anak perusahaan dari PT Hotel Indonesia Natour (HIN) mencatatkan peningkatan tingkat hunian hotel selama periode Libur Natal 2023.

Direktur Utama HIG Rizal Kasim mengatakan, HIG mencatat pertumbuhan jumlah tingkat hunian pada puncak arus mudik libur Natal 2023 dibandingkan dengan libur Natal tahun 2022.

Ia menjelaskan, pada libur Natal 2023, hotel region Bali menjadi highest performance untuk okupansi dibandingkan hotel jaringan HIG di region lainnya dengan rata-rata okupansi mencapai 83%, di mana Bali menjadi destinasi favorit masyarakat menghabiskan libur Natal.

Baca Juga: PHRI: Okupansi Hotel Meningkat 20% Jelang Tahun Baru

Hal tersebut didukung dengan data PT Angkasa Pura I yang menunjukkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara dengan trafik tertinggi dengan jumlah pergerakan penumpang terbanyak yakni mencapai 261.559 penumpang.

Selama periode Libur Natal, 22-26 Desember 2023, hotel jaringan HIG region Bali dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Truntum Kuta dan Inna Sindhu Beach sebesar 98%, selanjutnya yaitu Merusaka Nusa Dua dengan tingkat hunian sebesar 90%.

"Hotel milik HIPRO ini menunjukkan peningkatan kinerja selama periode Natal 2023," kata Rizal dalam keterangan resminya, Rabu (27/12).

Baca Juga: Bukan Kategori Hotel, Rumah Kos Tak Kena Lagi Pajak Hotel

Posisi tingkat hunian tertinggi kedua yaitu pada region Jawa dengan rata-rata tingkat hunian sebesar 82%, dengan okupansi tertinggi yaitu Khas Tugu Yogyakarta dan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta dengan okupansi sebesar 99%.

Tingkat hunian ini mengalami peningkatan sebesar 5-7% dibandingkan libur Natal tahun 2022.

Selanjutnya, tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Malioboro Yogyakarta sebesar 97%. Tingkat hunian hotel ini juga mengalami peningkatan sekitar 5% dibandingkan libur Natal 2022.

Region tertinggi selanjutnya Nusa Tenggara dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Hotel Merumatta Senggigi Lombok sebesar 82%. Tingkat hunian Hotel bintang 5 yang terletak di Tanjung Senggigi ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 32% dibandingkan periode natal tahun 2022.

Hal serupa juga terjadi di Hotel region Kalimantan dan region Sulawesi dengan tingkat hunian tertinggi hotel Cordia Banjarmasin sebesar 78%.

Tingkat hunian hotel milik PT Angkasa Pura I ini mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 44% dibanding periode natal 2022, hal ini menunjukkan peningkatan trafik wisatawan di Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga: Libur Nataru, The Nusa Dua Targetkan Okupansi Capai 73%

Tingkat okupansi hotel di region Sumatera pun mengalami peningkatan dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Parapat Hotel sebesar 97%.

Hotel bintang 3 milik HIPRO yang terletak di Parapat dengan view langsung ke Danau Toba ini menjadi pilihan pengunjung menghabiskan libur Natal 2023. Hotel dengan tingkat hunian tertinggi selanjutnya yaitu Truntum Padang sebesar 71%.

Lebih lanjut, Rizal menyampaikan pihaknya telah mengantisipasi lonjakan tingkat hunian ini dengan berbagai persiapan, di antaranya persiapan manning, pelayanan terbaik sentuhan nuansa Indonesia di setiap touch point, persiapan ketersediaan bahan baku makanan dan amenities, serta berbagai promo menarik periode Natal & Tahun Baru 2024 kepada tamu seperti diskon kamar dengan harga spesial, paket dinner christmas dan New Year Eve, dan lain-lain.

Saat ini, Hotel Indonesia Group (HIG) telah mengoperasikan 36 property yang terdiri dari 34 hotel, 1 convention center dan 1 lembaga pendidikan yang tersebar di Indonesia dengan 4,736 kamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×