Reporter: Muhammad Alief Andri | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat penjualan 1,78 juta tiket program diskon 30% yang digelar selama libur sekolah. Hingga 28 Juni 2025 pukul 10.00 WIB, sebanyak 1.780.346 tiket terjual dari total 3,52 juta kursi yang disediakan. Program ini berlangsung sejak 5 Juni dan masih terus berjalan.
VP Public Relations KAI Anne Purba menyebut tingginya minat masyarakat terhadap program diskon ini menjadi sinyal kuat bahwa kereta api tetap menjadi moda transportasi pilihan utama, terutama saat momen libur.
“Diskon ini memberi kemudahan akses perjalanan bagi masyarakat sekaligus mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/6).
Baca Juga: Ada Diskon Tiket Kereta Api, Jumlah Penumpang KAI Naik 21,5% Saat Libur Sekolah
Dalam 21 hari pelaksanaan, KAI mencatat telah melayani 2,72 juta pelanggan, naik hampir 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dampaknya terasa luas, termasuk terhadap mobilitas masyarakat, peningkatan sektor wisata, hingga geliat ekonomi pelaku UMKM di sekitar stasiun.
Beberapa kereta api dengan tiket diskon paling banyak diminati antara lain KA Joglosemarkerto relasi Solo-Semarang-Purwokerto (90.266 pelanggan), KA Ambarawa Ekspres (80.226), KA Sawunggalih (70.672), dan KA Kaligung (71.410). Selain itu, KA Matarmaja, Pangrango, Kamandaka, Jayakarta, Pasundan, dan Sancaka juga mencatat tingkat keterisian tinggi.
“Tren destinasi memperlihatkan meningkatnya minat masyarakat terhadap kota-kota wisata unggulan seperti Yogyakarta, Malang, hingga Sukabumi. Ini menjadi sinyal positif bagi sektor pariwisata dan UMKM lokal,” kata Anne.
Baca Juga: Promo Tiket Kereta Api Stainless Steel New Generation Juni 2025, Mulai Rp 100.000-an
Ia menambahkan, lonjakan penumpang menciptakan efek domino terhadap peningkatan transaksi di kios makanan, penginapan, hingga transportasi lanjutan.
Kemudahan akses pembelian tiket lewat aplikasi Access by KAI dan situs resmi juga mendukung masyarakat dalam merencanakan liburan sekolah lebih nyaman dan efisien.
“Momen liburan bukan hanya soal berpindah tempat, tapi membangun kebersamaan keluarga. Lewat tarif yang terjangkau, KAI ingin mendukung terciptanya pengalaman liburan yang lebih inklusif,” ujar Anne.
Selanjutnya: Menengok Portofolio Grup Djarum yang Baru Masuk ke Saham RS Hermina (HEAL)
Menarik Dibaca: 6 Film dan Drama Korea Lee Byung Hun, Villain di Squid Game 3
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News