kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lindungi pasar tradisional agar geliat ekonomi di era new normal terjaga


Selasa, 16 Juni 2020 / 10:36 WIB
Lindungi pasar tradisional agar geliat ekonomi di era new normal terjaga
ILUSTRASI. edagang sayuran di Pasar Santa, Jakarta Selatan, Sabtu (13/6). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menerapkan sistem ganjil genap kios pedagang di pasar-pasar yang berada di bawah kelolaan PD Pasar Jaya. Hal tersebut untuk meminimalisir penyebaran covid


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pedagangan (Kemendag) terus mendorong pemerintah daerah melakukan pendekatan inovatif di pasar tradisional sekaligus lebih ketat menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Hal ini didorong agar  pasar tradisional tidak menjadi episentrum baru penyebaran Covid-19.  Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat 529 pedagang pasar positif covid-19. 

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto sebelumnya mengatakan dibukanya pasar tradisional untuk memastikan pasokan bahan makanan terjamin. Tujuan utamanya yakni untuk memenuhi ketersediaan bahan pokok dan barang penting bagi masyarakat, dengan harga stabil.

Ekonom Institut Perbanas Piter Abdullah menyampaikan, geliat ekonomi diharapkan tetap sejalan dengan penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Puluhan pedagang di 6 pasar Jakarta positif corona, ini daftarnya

Menurut Piter, pelonggaran ekonomi, diharapkan akan menahan penurunan konsumsi sekaligus memberikan ruang kepada dunia usaha untuk bisa bertahan.  Karena itu, semua pihak mesti bersama-sama mematuhi berbagai protokol agar ekonom bisa kembali berjalan. 

“Untuk mem-balance pelonggaran ekonomi ini pemerintah harus meningkatkan kedisiplinan Masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. Hanya dengan Cara itu Kita bisa menghindarkan lonjakan Penderita wabah covid-19,” tegas Piter dalam keterangannya Selasa, (16/6).

Selain disiplin, informasi panduan tata cara penerapan protokol perlu disebarluaskan sekaligus juga dilakukan pengawasan dan koordinasi lintas baik pusat dan daerah agar penanganan Covid-19, terutama di pasar tradisional yang belakangan muncul, dapat lebih terkoordinasi.

“Harus ada pengawasan dan upaya mendisiplinkan. Koordinasi mutlak diperlukan sejak awal dalam segala hal, dan kita selalu lemah dalam hal ini,” tegas Piter.

Koordinasi mutlak diperlukan agar dana stimulus sebesar Rp677,2 triliun yang dikeluarkan bisa dioptimalkan. Stimulus akan mampu menahan laju perlambatan ekonomi, meskipun tidak kembali membaik hingga tumbuh 5%, sebab pelemahan tidak bisa dihindari selama masih ada wabah. Kata Piter, jika tanpa stimulus situasi akan lebih buruk lagi. 




TERBARU

[X]
×