kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Logindo Samudramakmur (LEAD) membidik pendapatan US$ 29 juta pada tahun depan


Minggu, 15 Desember 2019 / 11:53 WIB
Logindo Samudramakmur (LEAD) membidik pendapatan US$ 29 juta pada tahun depan
ILUSTRASI. Target Logindo (LEAD) berasal dari peningkatan utilisasi kapal di kuartal keempat 2019.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) menargetkan pendapatan US$ 29 juta di tahun depan. Target tersebut berasal dari peningkatan utilisasi kapal di kuartal keempat 2019.

Sekretaris Perusahaan Logindo Samudramakmur, Adrianus Iskandar menyebutkan, industri pelayaran terutama untuk kapal offshore terlihat lebih baik dan lebih banyak kebutuhan kapal-kapal offshore. Menurut dia, hal tersebut diiringi meningkatnya aktivitas eksplorasi migas di Indonesia.

Dia menambahkan, utilisasi kapal-kapal Logindo pun meningkat. "Utilisasi sudah meningkat dan untuk kuartal IV ini sudah hampir maksimum," kata Adrianus kepada Kontan.co.id, Kamis (12/12).

Baca Juga: Ini strategi Logindo Samudramakmur (LEAD) untuk perbaiki kinerja

Adapun di kuartal IV ini saja, LEAD mencatatkan utilisasi di atas 80%. Walau demikian, ia mengakui lantaran sebelumnya banyak kapal yang belum terutilisasi sehingga harga sewa kapal masih kompetitif.

Sekedar informasi, saat ini Logindo memiliki 44 kapal. Untuk meningkatkan pendapatan, Logindo akan menggenjot pencarian kontrak-kontrak yang memiliki harga sewa lebih tinggi dan menjaga tingkat utilisasi di tahun depan di level 75% atau lebih tinggi 5% dibandingkan target tahun ini. "Sedangkan dari sisi biaya, kami tetap berusaha menurunkan biaya seoptimal mungkin," lanjut Adrianus.

Baca Juga: Logindo Samudramakmur (LEAD) catatkan perolehan kontrak US$ 8,5 juta

Atas strategi itu, Adrianus menyebutkan tahun depan tidak mengalokasikan belanja modal atawa capital expenditure (capex) untuk ekspansi. Hanya saja, LEAD menyiapkan US$ 2 juta untuk keperluan docking 15 kapal.

Melalui strategi tersebut pula, pihaknya membidik kinerja di tahun depan mampu mencatatkan pendapatan sebesar US$ 28 juta hingga US$ 29 juta dengan kerugian US$ 3 juta. Berdasarkan laporan keuangan Logindo, hingga kuartal III tercatat pendapatan sebesar US$ 16,82 juta dengan kerugian bersih yang masih ditanggung sebesar US$ 7,05 juta.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×