kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mahaka Radio Integra (MARI) semakin memperkuat bisnis digital


Jumat, 14 September 2018 / 16:32 WIB
Mahaka Radio Integra (MARI) semakin memperkuat bisnis digital
ILUSTRASI. Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) - Penyiar Radio Gen FM


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) akan memperkuat bisnis digitalnya lewat plattform bernama Noice. Aplikasi yang dapat diunduh melalui gawai tersebut memungkinkan para pendengar untuk melakukan streaming secara eksklusif pada tujuh stasiun radio yang dimiliki MARI. 

Tujuh stasiun radio tersebut adalah Jak FM, Gen FM Jakarta, Gen FM Surabaya, Mustang FM, Hot FM, Kis FM, dan Most Radio. Dalam aplikasi ini, selain disajikan layanan streaming radio, para pendengar juga bisa berkirim pesan (chatting) dengan penyiar radio milik MARI.

Direktur Utama Mahaka Radio Integra, Adrian Syarkawi menyebut radio yang akan digandeng dalam platform tersebut masih difokuskan dari Mahaka Group. Untuk potensi kontribusi dari aplikasi tersebut, Adrian menyebut masih belum signifikan. Dalam jangka pendek pihaknya masih akan mengejar target pendengar terlebih dahulu.

Tahun ini ditargetkan mampu menjaring 1 juta pendengar dan di tahun depan meningkat menjadi 4 juta. Saat Kontan.co.id mengecek platform ini di Playstore terdapat 10.000 gawai yang sudah mengunduh aplikasi ini hingga Jumat (14/9).

"Tahun depan baru kita mulai masuk ke revenue. Hasil secara revenue akan kelihatan di tahun 2019," kata Adrian kepada Kontan.co.id, Jumat (14/9).

Adrian mengaku aplikasi ini tidak berkompetisi langsung dengan platform musik seperti Spotify atau Joox. "Secara tidak langsung bersingunggan tetapi konsep dan pendekatannya beda. Konsepnya kami akan jadi beyond radio," papar Adrian.

Salah satu keuanggulan dari aplikasi ini adalah meminimalisir penggunaan paket data internet. Hal ini supaya tidak membebankan pengguna. "Saat ini kita dalam proses partner dengan perusahaan telekomunikasi supaya pengguna bisa gratis data menggunakan Noice," katanya tanpa merinci. 

Adapun Mahaka Group juga memperkuat bisnis tiga stasiun radio asal Jakarta yang diakuisisinya pada pertengahan tahun lalu, yakni Mustang FM, Kis FM, dan Most Radio.
Saat ini kita fokus di radio mahaka group dulu. "Target pendapatan dari mereka bisa menyumbang 30% diluar radio eksisting," jelasnya

Catatan saja laba bersih MARI pada paruh pertama tahun ini tergerus 19,88% year on year (yoy) menjadi Rp 17,52 miliar. Untungnya, pendapatan emiten ini masih bisa tumbuh 15,32% yoy menjadi Rp 66,91 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×