kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Maksimalkan warung dalam satu aplikasi Warmax


Kamis, 26 Desember 2019 / 18:26 WIB
Maksimalkan warung dalam satu aplikasi Warmax
ILUSTRASI. Maksimalkan warung dalam satu aplikasi Warmax


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberadaan warung tak dipungkiri juga menyumbang perekonomian Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri menunjukkan kini ada 3,5 juta warung dibanding 2015 yang masih 1.868.217 warung. Warung menjadi wadah produsen dalam menyampaikan produk langsung ke konsumen.

Namun rantai distribusi yang panjang membuat produk yang ada di pasaran jadi kurang efektif dan efisien. Berangkat dari fakta tersebut Dodi Susanto mengembangkan agregator untuk suplai produk kebutuhan sehari-hari ke warung milik warga yang bernama Warmax.

Aplikasi yang memudahkan pemilik warung dapatkan produk untuk dipasarkan langsung ke end user mulai dirintis Dodi sejak April 2018. Setahun lebih Warmax atau Warung Maximal berjalan kini sudah melayani warung di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok.

Baca Juga: Inilah lima langkah ekspansif perusahaan ritel Tommy Soeharto

Meski belum meluas namun jangan salah, sudah ada 800-900 warung yang tergabung dengan Warmax. "Kita sudah kerjasama dengan LinkAja sejak Maret 2019 lalu. Kita juga sudah gunakan scan QR standar BI sejak awal kita ada," jelas Founder Warmax Dodi Susanto kepada Kontan.co.id.

Warung yang tergabung dengan Warmax dapat melakukan pembelian untuk produk digital dan komoditas. Warmax juga sediakan gratis layanan antar satu hari sampai dengan ketentuan pemesanan terakhir pukul 11.00 WIB.

"Mulai dari token listrik, pulsa, komoditas beras, gula, gas elpiji, minyak kita bisa layani, dan nantinya tahun depan kita mau kerja sama buat layanan jasa perbankan seperti transfer uang, top up e-money," jelas Dodi.

Warung yang ingin bergabung dijelaskan Dodi cukup mendaftar melalui aplikasi Warmax yang bisa diunduh di Playstore.

Baca Juga: Perusahaan Tommy Soeharto Makin Ekspansif Mengembangkan Jaringan Gerai Goro

Nanti usai mendaftar akan ada tim marketing Warmax yang akan datang untuk survey lokasi dan berikan edukasi mengenai penggunaan Warmax. Untuk awal warung diwajibkan melakukan pembelian produk senilai Rp 250.000.

"Kalau luasan atau model warung tidak ada ketentuan harus apa, cuma warung harus ada surat keterangan usaha sampai setingkat Kecamatan itu saja," tambah Dodi.

Untuk transaksi sendiri di Warmax rata-rata per bulannya senilai sekitar Rp 700 juta dengan pembagian 60% untuk produksi digital dan 40% produk komoditas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×