kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaatkan energi surya, Alkindo Naratama jalin kerja sama dengan Shinzen Energy


Senin, 25 Oktober 2021 / 14:53 WIB
Manfaatkan energi surya, Alkindo Naratama jalin kerja sama dengan Shinzen Energy
ILUSTRASI. Pengemasan?produk tas kertas atau paper bag di pabrik PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), Bandung, Jawa Barat.? KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/10/2021.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia terintegrasi, PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO) mendukung penerapan energi terbarukan dan ekonomi hijau melalui pemanfaatan energi surya. 

Menjalin kerja sama dengan PT ATW Alam Hijau (Shinzen Energy),  ALDO mulai melakukan pemasangan solar panel (PLTS) pada salah satu pabrik anak usaha yaitu PT Eco Paper Indonesia. 

Mengutip siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (25/10), melalui pemasangan teknologi solar panel dari Jepang dengan daya 3,6 MW tersebut, direncanakan akan memberikan efisiensi biaya sebesar 19 pct per kwh, di bawah biaya pemakaian dari PLN.

"Kerja sama ALDO dengan ATW Alam Hijau merupakan salah satu upaya kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon, serta menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam menerapkan bisnis berkeberlanjutan, salah satunya melalui solar panel ini," ungkap Presiden Direktur Alkindo Naratama, Sutanto.

Baca Juga: Alkindo Naratama (ALDO) tingkatkan kepemilikan saham anak usaha melalui rights issue

Lebih lanjut, Sutanto menjelaskan bahwa dalam kerja sama ini ATW Alam Hijau akan memasok energi bersih serta terbarukan untuk ECO, salah satu anak usaha perusahaan yang bergerak di bidang produksi kertas olahan dari kertas daurulang. Melalui pemasangan PLTS ini akan memberikan kontribusi dalam pengurangan biaya listrik rata-rata ALDO tanpa memerlukan investasi awal.

“Jadi dalam pemasangan PLTS ini, kami tidak mengeluarkan investasi dalam bentuk uang atau Capex. Namun yang melakukan investasi adalah perusahaan penyedia solar panel bersama perusahaan Jepang, sedangkan Eco Paper membayar biaya seperti pembayaran kepada PLN. Sehingga selain hemat secara penggunaan energi, kerja sama ini juga terbilang hemat secara biaya pemakaian listrik,” ujarnya.

 

Sebagai emiten yang terintegrasi antara penggunaan bahan kertas dan kimia, ALDO secara konsisten turut mendukung penerapan ekonomi hijau dengan menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan. Sejalan dengan salah satu lini bisnis ALDO yang memanfaatkan sampah kertas yang didaur ulang menjadi brown paper yang lebih ramah terhadap lingkungan. 

Tercatat, ALDO mampu mengolah sekitar 100 ribu ton sampah kertas per tahun untuk dijadikan brown paper.

Selanjutnya: Alkindo Naratama (ALDO) manfaatkan sampah kertas untuk dongkrak kinerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×