kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mark Dynamics (MARK) diversifikasi ke bisnis sanitary dan pertanian


Senin, 14 Desember 2020 / 17:41 WIB
Mark Dynamics (MARK) diversifikasi ke bisnis sanitary dan pertanian
ILUSTRASI. Produk PT Mark Dynamic Tbk (MARK)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen cetakan sarung tangan kesehatan berbasis porselen, PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) telah melakukan diversifikasi bisnis di sektor pertanian dan produk sanitary.

Sebagai informasi, di tahun ini MARK merampungkan akuisisi distributor kloset dan alat pertanian yakni PT Berjaya Dynamics Indo (BDI) yang merupakan induk usaha dari PT Agro Dynamics Indonesia (ADI).

Melansir berita Kontan.co.id sebelumnya, PT Agro Dynamics Indonesia selama ini bergerak dibidang distribusi alat-alat pertanian seperti peralatan sprayer dan juga produk seperti herbisida, ethepon (penyubur) yang diperlukan oleh industri pertanian dan juga perkebunan. Dengan akuisisi ini nantinya pangsa pasar BDI dan ADI tidak hanya di sektor pertanian akan tetapi juga akan masuk ke sektor sanitary ware yang berupa produk kloset.

Presiden Direktur MARK Ridwan Goh mengatakan, agenda bisnis PT Berjaya Dynamics Indonesa ( BDI) di tahun depan adalah meningkatkan pangsa pasar produk alat- alat pertanian melalui anak usahanya yaitu PT Agri Dynamics Indo.

Baca Juga: Penjualan Mark Dynamics Indonesia (MARK) mencatatkan pertumbuhan penjualan

Targetnya, MARK bisa melakukan diversifikasi produk maupun diversifikasi bisnis, agar sumber peningktan penjualan dan laba tidak hanya bersumber dari satu produk cetakan sarung tangan saja.

"Kami mengharapkan ke depannya akan makin banyak jenis produk yang bisa kami pasarkan, tidak hanya alat-alat pertanian akan tetapi jenis-jenis produk lain yang diminta pasar," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (14/12).

Ridwan mengungkapkan, peluang bisnis sanitary dan alat-alat pertanian di tahun depan masih cukup cerah. Namun, bukan berarti tanpa tantangan

Kata Ridwan, ada sejumlah aral melintang yang harus dihadapi MARK yaitu situasi ekonomi yang masih dalam pemulihan akibat pandemi dan persaingan usaha yang semakin ketat.

Maka itu, mulai tahun depan tepatnya pada kuartal II 2021, MARK akan merilis produk sanitary merek sendiri yaitu kloset Dyna yang pasarnya akan fokus dijual ke ritel dan konstruksi.

"Proyeksinya di tahun depan, sektor pertanian dan produk saniter ini bisa berkontribusi sekitar 10%-15% ke pendapatan konsolidasian," ujarnya.

Selanjutnya: Melihat fokus bisnis Mark Dynamics (MARK) pada tahun 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×