kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk ke Bisnis Sewa Kendaraan Listrik, Indika Energy (INDY) Dirikan Anak Usaha Baru


Rabu, 12 Juli 2023 / 10:27 WIB
Masuk ke Bisnis Sewa Kendaraan Listrik, Indika Energy (INDY) Dirikan Anak Usaha Baru
ILUSTRASI. Mekanik melakukan perawatan motor listrik ALVA pada bengkel ALVA di Jakarta, Senin (30/1/2023).?KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/01/2023.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) baru-baru ini mendirikan anak usaha baru yang berkaitan dengan industri kendaraan listrik.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (11/7), disebutkan bahwa pada 7 Juli 2023 anak-anak usaha INDY yang secara langsung maupun tidak langsung dimiliki 100% oleh INDY, yaitu PT Kalista Nusa Armada (KNA) dan PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) mendirikan perusahaan yang bernama PT Kalista Soter Hastia (KSH).

Akta pendirian KSH kini sedang dalam proses permohonan pengesahan badan hukum oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

“KSH akan melakukan kegiatan usaha penyewaan kendaraan listrik roda empat, perdagangan mobil baru, bekas, suku cadang dan aksesorisnya, serta penjualan tenaga listrik,” tulis Adi Pramono, Sekretaris Perusahaan Indika Energy dalam keterbukaan informasi, Selasa (11/7).

Baca Juga: Pembangunan IKN, PTPP Sudah Kantongi 8 Proyek Senilai Rp 4,15 Triliun

Struktur kepemilikan modal KSH terdiri dari Kalista Nusa Armada sebanyak 99,997% atau Rp 37.499.000.000 serta Solusi Mobilitas Indonesia sebanyak 0,003% atau Rp 1.000.000.

Adi juga menyebut, penyertaan saham KNA dan SMI dalam KSH merupakan kelanjutan langkah INDY sebagai induk usaha untuk melakukan ekspansi bisnis di sektor kendaraan listrik, khususnya di pasar business to business (B2B) di Indonesia.

Ini bukan pertama kalinya INDY berekspansi di sektor kendaraan listrik. Tahun lalu INDY melalui Ilectra Motor Group (IMG) mulai memasarkan sepeda motor listrik merek ALVA di Tanah Air. Selain itu, pada awal 2023 INDY menjalin kerja sama dengan Damon Motors untuk memasarkan motor listrik Damon di Indonesia.

Dalam berita sebelumnya, Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasyid juga pernah menyebut, INDY sedang mencari investor untuk mengembangkan pabrik baterai kendaraan listrik, bus listrik, dan truk listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×