kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 1,93%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasarkan Motor Listrik, Indika Energy (INDY) Gandeng Damon Motor


Selasa, 17 Januari 2023 / 10:18 WIB
Pasarkan Motor Listrik, Indika Energy (INDY) Gandeng Damon Motor
ILUSTRASI. PT Indika Energy Tbk (INDY) genjot bisnis kendaraan listrik dengan memasarkan produk Damon Motorcycles.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA . Damon Motors, perusahaan sepeda motor listrik terkemuka di dunia, mengumumkan telah menjalin kemitraan dengan PT Indika Energy Tbk (INDY) pada 12 Januari 2022.

Diketahui, Indika telah melakukan undisclosed investment di Damon dan akan bertindak sebagai distributor sepeda motor Damon di pasar Indonesia nantinya.

Co-Founder dan CEO Damon Jay Giraud  mengatakan, kerjasama ini seiring dengan kebijakan pemerintah Indonesia yang menetapkan tujuan untuk mencapai emisi net-zero pada tahun 2060. Di sisi lain, Damon Motor dan INDY memiliki komitmen yang sama untuk mencapai tujuan ini bersama-sama.

Giraud berkisah, latar belakang dia membangun dan mengembangkan Damon Motor bermula saat dia  datang dan melakukan perjalanan ke Jakarta pada tahun 2016.

Dia melihat bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki penetrasi kendaraan roda dua terbesar di dunia. Dari situ, Giraud meyakini dirinya bisa menyaingi pasar sepeda motor berbahan bakar minyak yang memiliki tingkat keselamatan yang minim.

Baca Juga: Kideco Jaya Agung (Kideco) Ajukan Perpanjangan Kontrak ke Kementerian ESDM

Untuk itu,  Giraud Bersama dengan Co-Founder Dom Kwong  mendirikan Damon Motor pada tahun 2017. Tujuannya untuk mengubah transportasi roda dua yang mengurangi jutaan kecelakaan sepeda motor di jalan raya.

“Perjalanan saya dengan Damon dimulai di Indonesia, jadi kemitraan dengan Indika Energy ini membawa saya ke lingkup industri motor dan membuka pintu untuk mengubah industri motor di tingkat global suatu hari nanti,” kata Giraud, dikutip Selasa (17/1)

Bersama Indika, Damon mengembangkan platform sepeda motor global baru khusus untuk kebutuhan komuter di wilayah geografis yang didominasi oleh mobilitas roda dua. Adapun nantinya sepeda motor baru tersebut akan mengadopsi berbagai teknologi utama yang ada dalam produk kendaraan Damon lainnya, menjadikan produk ini nantinya akan lebih bersih, lebih aman, dan lebih efisien.

Azis Armand, Vice President Director dan CEO Group Indika Energy menilai, Indonesia memiliki peluang besar untuk mentransformasikan pengalaman berkendara bagi jutaan orang yang bergantung pada kendaraan roda dua. Melalui anak perusahaan Indika yakni PT Ilectra Motor Group (IMG), INDY berkomitmen untuk mengembangkan sepeda motor listrik dan ekosistem pendukungnya di Indonesia.

 

“Kami meyakini kemitraan ini akan membuka lebih banyak peluang kolaborasi untuk mempercepat strategi untuk masuk ke pasar (kendaraan listrik) dan memenuhi tujuan net-zero Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Indika Energy untuk mencapai nol zero emission pada tahun 2050,” kata Azis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×