kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.926.000   -27.000   -1,38%
  • USD/IDR 16.520   -20,00   -0,12%
  • IDX 6.833   5,05   0,07%
  • KOMPAS100 987   -1,19   -0,12%
  • LQ45 765   1,61   0,21%
  • ISSI 218   -0,33   -0,15%
  • IDX30 397   1,17   0,30%
  • IDXHIDIV20 467   0,48   0,10%
  • IDX80 112   0,13   0,12%
  • IDXV30 114   0,08   0,07%
  • IDXQ30 129   0,38   0,29%

Matahari Putra Prima ubah wajah Foodmart


Kamis, 04 Februari 2016 / 13:58 WIB
Matahari Putra Prima ubah wajah Foodmart


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Peritel PT Matahari Putra Prima Tbk mengubah wajah supermarket Foodmart. Perusahaan bakal menerapkan konsep baru untuk total 23 gerai Foodmart.

Hari ini, Kamis (4/2), emiten dengan kode MMPA di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut untuk pertama kalinya mengubah konsep Foodmart reguler menjadi Foodmart Fresh. Gerai pertama yang diubah adalah Foodmart yang berlokasi di Plaza Atrium Senen.

"Ini salah satu cara agar kami bisa survive," kata Gembara Amam, Regional Manager Foodmart, usai peresmian Foodmart Fresh di Plaza Atrium Senen, Jakarta Pusat, Kamis (4/2).

Dave Rao, Direktur of Foodmart Operations menjelaskan, perusahaan memang merasakan dampak pelemahan ekonomi. Namun, perusahaan tetap optimis. Dia berharap perubahan konsep ini bisa meningkatkan presentase kunjungan pelanggan.

Selain perubahan 11 gerai Foodmart menjadi Foodmat Fresh, perusahaan mengubah konsep 12 gerai Foodmart Gourmet menjadi Foodmart Primo.

Perubahan yang paling mendasar pada Foodmart Fresh ialah perusahaan menambah porsi penjualan produk segar. Sekarang ada tambahan tiga departemen baru, yaitu departemen roti (in house bakery) serta ikan (seafood counter) dan daging segar.

"Sebelumnya kami tidak terlalu lengkap pada produk segar. Misalnya, roti kami dahulu dipasok dari luar," kata Gembara.

Penambahan produk segar ini turut membantu porsi produk lokal di supermarket.

Sementara, perubahan pada Foodmart Primo yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas nampak pada penambahan Restoran Primo. Tempat makan dalam supermarket ini menyediakan aneka makanan jadi yang dilengkapi layanan pesan antar.

Dave menjelaskan, perusahaan mengeluarkan biaya investasi Rp 7 miliar untuk satu gerai Foodmart Fresh dan Rp 10 miliar untuk satu Foodmart Primo.

Biaya renovasi toko ini setara dengan pembukaan gerai baru. "Perubahan ini tidak hanya perubahan layout saja. Kami mengubah total, jadi seperti membuka toko baru. Kami mengganti seluruh peralatan," jelas Gembara.

Sayang perusahaan belum menetapkan target jumlah gerai Foodmart yang akan direnovasi sampai akhir tahun. Dave mengatakan, perusahaan memprioritaskan renovasi gerai yang peralatannya sudah rusak. Peningkatan kualitas (upgrade ini) dilakukan sekitar 5-7 tahun sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×