kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

MatahariMall.com ingin jadi Alibaba di Indonesia


Rabu, 25 Februari 2015 / 20:52 WIB
MatahariMall.com ingin jadi Alibaba di Indonesia
ILUSTRASI. 5 Manfaat Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Grup Lippo mengalokasikan dana investasi US$ 500 juta untuk 2-3 tahun ke depan untuk menciptakan e-commerce MatahariMall.com. Hal ini guna memperkuat posisinya grup ritel multi-format terbesar di Indonesia.

Lippo membidik omset senilai US$ 1 miliar untuk MatahariMall.com. MatahariMall.com akan membawa divisi ritel konsumen Grup Lippo mencapai US$ 25 miliar dalam 5 tahun kedepan, dimana 20% merupakan kontribusi ritel online.

Saat ini, divisi ritel Grup Lippo memiliki pendapatan tahunan lebih dari Rp 60 triliun dan secara konsisten bertumbuh lebih dari 20% per tahun.

John Riady, perwakilan Grup Lippo, menyatakan, nilai bisnis perdagangan retail online akan mencapai US$ 100 miliar. Dia bilang, pihaknya memasuki e-commerce pada waktu yang tepat. Situs MatahariMall.com akan diluncurkan bulan Maret 2015.

"MatahariMall akan menjadi situs eCommerce #1 di Indonesia. Tidak ada yang menyamainya di Asia Tenggara. Visi kami adalah untuk membangun ekosistem yang kuat, yang memampukan penjual dan pembeli melakukan bisnis kapan saja dan di mana saja," katanya dalam keterangan resminya, Rabu (25/2).

Ekosistem digital di Indonesia baru saja melewati titik critical mass. Tahun ini, penetrasi internet akan melebihi 30%. Ritel online baru 0,7% dari total penjualan ritel, namun diperkirakan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun ke depan. Pertumbuhan ritel online paling cepat terjadi di daerah luar Jakarta, yang juga merupakan daerah dimana bisnis Lippo sangat mendominasi pasar.

"Indonesia adalah negara terakhir di Asia, dengan pangsa pasar yang besar, di mana penetrasi e-commerce masih sangat rendah. MatahariMall adalah peluang online retail terbesar di Asia. Dengan semua dukungan Grup Lippo, dan waktu yang tepat, niscaya akan menjadi perusahaan e-commerce #1 – Alibaba versi Indonesia," ujar John.

CEO Matahari Department Store Michael Remsen menambahkan, bisnis ritel online Indonesia akan tumbul 10 kali lipat dalam 5 tahun ke depan. MatahariMall akan menyediakan harga termurah, hadiah-hadiah terbaik, dan pilihan produk terluas, termasuk fashion, kecantikan, elektronik, rumah, makanan, buku, hiburan, otomotif dan masih banyak lagi.

"Bersama dengan MatahariMall, kami sepenuhnya komit untuk masa depan eCommerce. Semua pemasok dan mitra kami mendukung 100%," ucapnya.

Selain menyediakan pilihan produk yang terluas, MatahariMall juga ditunjuk sebagai situs online eksklusif untuk berbagai merek paling populer di Indonesia. MatahariMall juga merupakan eCommerce pertama dan satu-satunya yang menawarkan layanan O2O (Online-to-Offline), yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil dan mengembalikan produk di 131 cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×