kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi tambah pasokan gas untuk domestik


Minggu, 19 Oktober 2014 / 20:12 WIB
Medco Energi tambah pasokan gas untuk domestik
ILUSTRASI. Suku bunga yang tinggi saat ini dinilai akan menguntungkan emiten perbankan. KONTAN/Muradi/


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Medco Energi International Tbk akan menambah pasokan gas untuk kebutuhan domestik kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT MEPPOGEN. Pasokan gas ini, akan digunakan untuk kebutuhan pembangkitan listrik, masing-masing di wilayah Kalimantan Utara dan Sumatera Selatan.

Predisen Direktur (Presdir) Medco Energi Lukman Mahfoedz mengatakan, dalam beberapa tahun, pasokan gas dalam negeri turun secara alamiah, sementara permintaan permintaan kebutuhan gas terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur termasuk pembangkit listrik.

“Sebagai komitmen untuk terus mengembangkan pasar gas domestik, MedcoEnergi telah menandatangani dua Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PLN dan MEPPOGEN,” kata dia dalam pernyataan terutilsnya, Sabtu (18/10) kemaren.  

Di Sumatera Selatan, MedcoEnergi akan memasok gas untuk kebutuhan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gunung Megang di Kabupaten Muara Enim milik MEPPOGEN. Jumlah pasokan gas sebesar 6,6 Triliun British Thermal Unit (TBTU) selama periode 21 bulan berasal dari blok South Sumatra PSC.

Lukman bilang, harga jual gasnya senilai US$ 7,32 per Million Metric British Thermal Unit (MMBTU) untuk tahun 2014, dengan peningkatan sebesar 3% per tahun. Kontrak ini diperkirakan akan memberikan pendapatan kepada Pemerintah dan Kontraktor PSC sebesar US$ 43 juta.

Selanjutnya, melalui Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Simenggaris (JOB-PMEPS), telah menandatangani PJBG dengan PLN untuk memasok gas sejumlah 805 BBTU selama  periode  lima tahun dengan harga gas US$ 5,52 per MMBTU di Kalimantan Utara.

Gas akan dipasok dari lapangan gas South Sembakung, Blok Simenggaris untuk pembangkitan listrik di Kabupaten Tana Tidung. “Kontrak ini diperkirakan akan memberikan pendapatan bagi Pemerintah dan Kontraktor PSC sekitar US$ 3 juta,” jelas Lukman.

Lukman mengklaim, MedcoEnergi akan terus aktif melakukan kegiatan eksplorasi untuk menemukan sumber cadangan minyak dan gas, serta memasok lebih banyak gas ke pasar domestik.

Dalam dua tahun terakhir, MedcoEnergi berhasil menemukan cadangan gas baru dari kegiatan eksplorasi, seperti di Matang Block A PSC, Aceh, Bajul Besar Simenggaris PSC, Kalimantan Utara dan yang terakhir Hijau South Sumatra PSC, Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×