kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MedcoEnergi tambah wilayah kerja di Papua Nugini


Senin, 10 Februari 2014 / 14:22 WIB
MedcoEnergi tambah wilayah kerja di Papua Nugini
ILUSTRASI. Penumpang berjalan keluar terminal kedatangan setibanya di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/nym.


Reporter: Ranimay Syarah | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Medco Energi Internasional (Tbk) kini melebarkan sayap bisnisnya melalui ekspansinya ke luar negeri. Kali ini, Medco meluaskan wilayah kerjanya di Papua Nugini yang dioperasikan oleh anak usahanya, Medco Asia Pasific Limited.

Medco berhasil mengakuisisi saham milik Moonbi Enterprises Limited senilai 90%. Dengan adanya akuisisi ini, maka MedcoEnergi berhak melakukan eksplorasi selama enam tahun di Blok PPL 470. Blok minyak dan gas tersebut berada di wilayah Juha Extension, West Province, Papua Nugini.

Lukman Mahfoeds, Direktur Utama MedcoEnergi menyampaikan luas seluruh wilayah kerja di Blok PPL 470 ini seluas 324 km2, dan wilayah tersebut terdiri dari empat blok onshore. Blok tersebut letaknya di Papuan Folt Belt (Papua Basin) yang kaya akan minyak dan gas, dimana sudah memproduksi sejak tahun 2000. 

"Akuisisi Blok PPL 470 ini menawarkan sistem fiskal dengan skema royalti jadi kontraktor bisa dapat untung hingga 70% dan ini bukan kontrak sistem bagi hasil (PSC). Jadi ini akan memberi nilai tambah untuk ekspansi bisnis selanjutnya, " kata Lukman, Senin (10/2).

Ia juga menambahkan tahun 2014 ini, MedcoEnergi sudah menyiapkan anggaran belanja modal sebesar US$ 155 juta. Dan ekpansi di Papua Nugini ini katanya memang sudah rencana sejak tahun 2013 lalu, dan pembelian saham ini sudah termasuk dalam rencana eksplorasi yang sudah disiapkan lebih dari US$ 90 juta.

Mengingat ekspansi di Papua Nugini, maka wilayah kerja MedcoEnergi bertambah menjadi lima, setelah Oman, Yaman, Libya, dan Teluk Meksiko di Amerika Serikat. Untuk di dalam negeri sendiri, MedcoEnergi memilili 9 wilayah kerja yang tersebar di seluruh nusantara, dan hanya satu di wilayah Indonesia Timur, yakni  Blok Tomori (Senoro-Toili) yang juga gabungan (Joint Operating Body/BOD) dengan Pertamina.

Saat ditanya, untuk ekspansi lagi di wilayah Indonesia Timur, Lukman masih belum bisa berkomentar, namun rencana eksplorasi ada karena disana juga kaya akan minyak dan gas.

Selain eksplorasi minyak dan gas, di tahun 2014 ini, MedcoEnergi juga mengoperasikan beberapa pembangkit listrik tenaga gas dan uap, untuk memasok listrik bagi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), batu bara, dan terlibat dalam perdagangan dan distribusi High Speed Diesel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×