Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) terus berkembang. Tak hanya melayani pelanggan perorangan atau ritel, kini AI sudah merambah pelanggan bisnis atau enterprise. Telkomsel misalnya, untuk pelanggan ritel sudah memiliki Veronica, asisten virtual berwujud wanita. Kini Telkomsel memperkenalkan pendamping Veronica, yakni Ted.
Bedanya, asisten virtual ini untuk membantu memberi konsultasi, sekaligus menjawab segala pertanyaan para pebisnis dalam menjalankan usaha mereka. "Jabatan" Ted adalah Enterprise Digital Account Manager. Tugasnya yakni mengintegrasikan teknologi Generative AI (Gen AI) untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan bisnis Telkomsel dan TelkomGroup.
“Ted adalah wujud komitmen Telkomsel, sebagai product powerhouse TelkomGroup, untuk terus berinovasi dan memberikan dampak positif bagi ekosistem bisnis di Indonesia melalui kapabilitas teknologi konsultatif yang berpotensi mengubah cara bisnis berinteraksi dan berkolaborasi,” ujar VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, and Marketing Telkomsel, Endra Diputra, Selasa (25/6).
Dengan pemanfaatan teknologi Gen AI Telkomsel Enterprise implementasikan, Ted bisa berbentuk chatbot di situs web maupun metahuman di acara-acara tertentu,. Telkomsel menyebut, Ted sebagai asisten AI virtual akan terus belajar agar bisa semakin mahir dalam menjawab pertanyaan yang kompleks. Utamanya dalam menjabarkan data dan hal bisnis secara spesifik dan terkini. Telkomsel Enterprise bersama Ted siap membuat langkah berani bersama pala pelaku bisnis untuk memanfaatkan teknologi Gen AI ke tingkat selanjutnya.
Baca Juga: Perkembangan AI Dihadapkan Pada Berbagai Ancaman di Depan Mata
Saat ini sudah ada 300 conversation terjadi dengan Ted. Sebelum "berbincang" dengan Ted, biasanya pengguna diminta memasukkan nama dan email. Tujuannya, mengecek nama perusahaan itu. Jika memang sudah termasuk pelanggan korporat Telkomsel, maka jawaban Ted akan lebih tajam. Ini karena Ted sudah mengetahui perusahaan dan kebutuhannya.
Untuk pengembangan generative AI, Telkomsel menggandeng Microsoft, Google dan IBM. "Tapi kami melatih sendiri terkait knowledge Ted. Sekitar 2-3 tahun ke depan, kami berharap Ted menjadi garda pertama consultative selling di Telkomsel. Pelanggan seolah-olah berbicara langsung dengan manusia dan bertemu solusinya," terang Endra. Ted akan melayani segala jenis bisnis. Mulai dari perorangan, seperti tukang bakso, UMKM hingga korporasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News