kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memperluas Pasar Ekspor, Kinerja PT Perikanan Indonesia di 2023 Melesat


Rabu, 28 Februari 2024 / 22:51 WIB
Memperluas Pasar Ekspor, Kinerja PT Perikanan Indonesia di 2023 Melesat
ILUSTRASI. Pengolahan dan ekspor produk perikanan jenis chepalopod seperti gurita dan sotong oleh PT Perikanan Indonesia atau Perindo.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perikanan Indonesia berhasil mencapai lonjakan signifikan baik dari segi volume maupun nilai ekspor di 2023 dibandingkan tahun 2022. Direktur Operasional PT Perikanan Indonesia, Fajar Widisasono mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras dan sinergi yang baik antara seluruh tim di PT Perikanan Indonesia serta dukungan penuh dari pemerintah.

"Peningkatan ini tidak terlepas dari strategi kami dalam melakukan inovasi dan peningkatan kualitas produk. Kami juga memperluas jaringan pemasaran kami ke berbagai negara baru yang potensial," kata Fajar, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/2). 

Pada tahun 2022, PT Perikanan Indonesia fokus pada ekspor ke beberapa negara utama, termasuk Amerika, Jepang, dan Singapura, dengan total ekspor mencapai 288.081 kg senilai Rp 26,06 miliar. Produk unggulan yang diekspor terdiri dari Gurita, Tuna, dan Cakalang, menunjukkan keunggulan dan kualitas produk PT Perikanan Indonesia.

Memasuki tahun 2023, PT Perikanan Indonesia berhasil memperluas jangkauan pasar ekspor dengan menambahkan Australia, China, dan Korea ke dalam daftar negara tujuan ekspor. Hal ini mendorong peningkatan total ekspor menjadi 572.633,26 kg dengan nilai mencapai Rp 31,89 miliar. Mmencatatkan pertumbuhan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Menakar Imbas Resesi Jepang Bagi Ekonomi Indonesia

Diversifikasi produk menjadi kunci sukses PT Perikanan Indonesia dalam mencapai lonjakan ekspor pada tahun 2023. Selain produk andalan seperti Tuna, Cakalang, dan Gurita, PT Perikanan Indonesia juga memperkenalkan produk baru seperti Tuna GG, Layang, Cuttlefish Fillet, dan Cumi ke dalam portofolio ekspornya. Diversifikasi ini membuka peluang pasar baru dan memperkuat posisi PT Perikanan Indonesia sebagai eksportir produk perikanan berkualitas tinggi.

Negara-negara tujuan ekspor utama meliputi Amerika Serikat, Jepang, dan Singapura. PT Perikanan Indonesia juga berhasil membuka pasar baru di China, Australia dan Korea Selatan yang dianggap sebagai pasar yang menjanjikan untuk produk perikanan.

"Strategi diversifikasi produk dan ekspansi pasar yang kami terapkan berbuah hasil yang sangat positif. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan variasi produk kami, serta menjajaki pasar-pasar baru untuk memperluas jangkauan ekspor kami," ujar Fajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×