kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menakar gurih cuan bento ala Bandung


Minggu, 23 Desember 2018 / 07:55 WIB
Menakar gurih cuan bento ala Bandung


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Meski tak lagi populer, menu bento sering menjadi pilihan kala lapar melanda. Para pemain usaha bento pun masih optimistis bisnisnya terus berkembang.  

Seperti Bhakti Desta Alamsyah, pendiri Boyben. Bhakti menawarkan kemitraan gerainya pada awal 2018 ini.

Kini sudah ada enam gerai mitra yang bakal dibuka. Diantaranya di Bogor, Jombang, Magelang, dan Manokwari.

Boyben sendiri sudah berdiri sejak 2016 lalu. Gerai pertamanya ada di Bandung. Seperti sebutan gerainya, Bhakti mendesain gerainya dengan aneka poster boyband dan melengkapinya dengan lagu-lagu boyband yang tenar.

Ada sekitar 50 menu yang disediakan Boyben. Diantaranya, chicken teriyaki dan chicken katsu. Harga menu-menunya mulai Rp 18.000 sampai Rp 25.000 per porsi.

Bhakti bilang, kelebihan gerainya terletak pada pemakaian bahan baku premium. Selain itu, racikan bumbunya tak kalah dengan brand ternama.  

Ada tiga paket kemitraan Boyben. Pertama,  paket mini resto senilai Rp 125 juta. Fasilitasnya, seluruh perlengkapan resto dengan ruang seluas 25 m², bahan baku awal, penggunaan merek usaha, pelatihan, branding, dan tambahan lainnya.

Kedua, paket resto dengan investasi Rp 150 juta. Yang didapatkan mitra sama dengan paket sebelumnya, hanya luas lokasinya 50 m². Dan, ketiga, paket resto cafe senilai Rp 175 juta dengan luas minimal tempat yang harus disiapkan 75 m².

Perlu dicatat, kerjasama ini mengutip royalti fee sebesar 5% serta mewajibkan seluruh mitra mengambil bahan baku powder dari pusat.

Berdasarkan perhitungan Bhakti, waktu balik modal yang dibutuhkan mitra kurang dari satu tahun. Dengan catatan, total minimal penjualan per hari mencapai Rp 1,5 juta.

Bila dikalkulasi, target penjualan sebulan mencapai Rp 45 juta, setelah dikurangi biaya produksi dan operasional porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra sekutar 30% dari omzet per bulan.

Lainnya, Bhakti memasang target membuka dua gerai cabang saban bulannya sepanjang tahun 2019. Makanya, sekarang dia getol untuk melakukan aksi promosi online maupun  offline untuk merangkul lebih banyak mitra.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai, potensi usaha resto bento masih bagus jika menu yang ditawarkan menarik dan berbeda. Tapi jika menu dan rasa standar serta tidak ada perbedaan maka akan ada kendala usaha.

Untuk menjaring mitra, analisa bisnis harus menarik dan punya konsep yang jelas. Pada saat gerai mitra makin banyak maka standarisasi harus baku dan audit harus dijalankan dengan teratur dan pola yang jelas.  Kualitas makanan dan pelayanan juga harus selalu baik.                 

Boyben
Gateway Tower EB. LG1.03. Jl. Jend. Ahmad Yani 669
Bandung
HP. 087824588881

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×