kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mendigitalisasi manajemen sekolah melalui platform Quintal


Minggu, 26 Januari 2020 / 17:18 WIB
Mendigitalisasi manajemen sekolah melalui platform Quintal
ILUSTRASI. Mendigitalisasi manajemen sekolah melalui platform Quintal

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan rintisan yang bergerak di sektor pendidikan saat ini memang tengah bergeliat. Mengusung pemanfaatan kemajuan teknologi membuat beberapa platform edutech berlomba memberikan layanan yang berikan solusi masalah pendidikan di Indonesia.

Quintal perusahaan rintisan yang dirintis sejak 2015 merupakan software sistem informasi dan manajemen terintegrasi untuk sekolah, yang dibuat untuk membantu sekolah di Indonesia dalam mengelola administrasi di bidang akademik maupun kesiswaan.

Baca Juga: Berapa upah rata-rata lulusan sarjana di Indonesia?

CEO Quintal Danny Saksono menceritakan awal mula ia terinspirasi datang dari pengamatannya akan model pendidikan di Singapura. Danny menjelaskan semua informasi informasi dan materi pembelajaran dapat diakses di laptop masing-masing siswa.

"Quintal dibuat di tahun 2015, dan mulai melayani sekolah di awal 2016. Sebelumnya, saya sempat bekerja di Singapura dan banyak mengamati model pendidikan di sana. Jadi, terinspirasi dari hal itu, saya memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan mendirikan Quintal," jelas Danny saat dihubungi Kontan.co.id, akhir pekan lalu.

Ia memandang edutech dalam waktu mendatang akan berkembang dengan sangat pesat dimana trennya sekarang sudah mulai ke sana. Terlebih lagi sekarang masyarakat sudah semakin sadar bahwa digitalisasi pendidikan saat ini merupakan sebuah keharusan.

Quintal memiliki beberapa layanan diantaranya fungsi utama yaitu akademik, kesiswaan dan manajemen sekolah. Di fitur akademik, guru dapat menjadwalkan tugas atau ujian, melaksanakan ujian online, memproses penilaian, mendistribusikan materi, sampai ke pencetakan rapor.

Lalu di fitur kesiswaan, guru dapat mencatat riwayat prestasi dan kedisiplinan siswa, serta absensi online. Dan semua informasi tersebut dapat diakses oleh siswa dan orang tua secara real time melalui aplikasi Quintal.




TERBARU

Close [X]
×