kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,03   8,64   0.96%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menelisik Prospek Sektor Properti di Koridor Timur Jakarta


Senin, 20 Februari 2023 / 12:37 WIB
Menelisik Prospek Sektor Properti di Koridor Timur Jakarta
ILUSTRASI. Properti PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) di Cikarang, Jawa Barat.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Geliat sektor properti di Koridor Timur Jakarta yang mencakup wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi hingga Karawang terus mengalami peningkatkan seiring dengan melandainya Pandemi Covid-19.

Sejumlah pengembang besar yang ada di wilayah ini memperkirakan permintaan properti hunian akan semakin meningkat. Pasca Pandemi, konsumen mulai memiliki konsep hunian ideal yang berbeda, dimana hunian dengan fasilitas ruang terbuka hijau (RTH) yang besar semakin diminati karena kesadaran akan gaya hidup sehat semakin tinggi.

Oleh karena itu, pengembang telah menyiapkan diri untuk menangkap peluang tersebut. Mereka menawarkan kenyamanan gaya hidup sehat dan kawasan ramah lingkungan guna menghadirkan hunian yang mengedepankan harmonisasi dengan alam dan keberlanjutan.

Salah satunya adalah PT Summarecon Agung Tbk (SMRA). Pengembang ini memiliki 3 township di Koridor Timur Jakarta yaitu Summarecon Bekasi, Summarecon Emerald Karawang dan terbaru Summarecon Crown Gading telah menerapkan pengembangan kawasan ramah lingkungan dari setiap township yang dibangun.

Albert Luhur selaku Executive Director PT Summarecon Agung Tbk mengatakan, pihaknya berkomitmen menghadirkan lingkungan yang nyaman.

Sebagai contoh, Summarecon Bekasi berkomitmen menghadirkan Modern Smart City berwawasan lingkungan, dengan pemanfaatan ruang terbuka hijau seluas 14 hektar (ha), danau 9 hektare, dan beragam upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Kucuran KPR Bank Mandiri Diprediksi Tumbuh Dua Digit Tahun Ini

"Untuk menghadirkan kualitas udara terbaik, Summarecon Bekasi juga telah menanam lebih dari 12.000 pohon sebagai penyumbang oksigen dan keteduhan lingkungan sekitar bagi penghuni." kata Albert dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (20/2).

Sementara pengembang lain, PT Jababeka, mengedepankan pengembangan berkonsep healthy lifestyle serta ramah lingkungan.  

Suteja Sidarta Darmono, Direktur Jababeka mengungkapkan, perseroan menghadirkan konsep pengembangan kota pintar ramah lingkungan dengan pemanfaatan solar panel system, water treatment plan mandiri, serta menyediakan ruang terbuka hijau dan fasilitas kota yang dapat mendukung gaya hidup sehat.

Sebagai penunjang gaya hidup sehat, Jababeka dan Summarecon telah menghadirkan Lapangan Golf berskala Internasional, Jababeka Eco Park, Sport Hub Jababeka, Stadion internasional Patriot Candrabaga dan Wibawa Mukti yang telah digunakan sebagai venue event berskala internasional seperti Asian Games, serta kawasan Car Free Day (CFD) Summarecon Bekasi.

Selain gaya hidup sehat, beragam fasilitas unggulan untuk menunjang aktivitas warga juga dihadirkan di setiap kawasannya. Fasilitas pendidikan ternama dan fasilitas kesehatan telah hadir di kawasan Jababeka dan Summarecon Bekasi.

Ali Tranghanda selaku Executive Director Indonesia Property Watch menilai, koridor Timur Jakarta memiliki keunikan tersendiri sebagai wilayah dengan basis ekonomi yang kuat sehingga semakin seksi untuk dilirik.




TERBARU

[X]
×