kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menelusuri jejak bisnis Northstar Group di Indonesia


Senin, 30 Agustus 2021 / 06:25 WIB
Menelusuri jejak bisnis Northstar Group di Indonesia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Northstar Group, perusahaan yang bergerak di bidang private equity dan venture capital, telah menjadi salah satu entitas yang cukup berpengaruh di berbagai sektor industri tanah air.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Northstar Group merupakan perusahaan ekuitas swasta yang berkantor pusat di Singapura yang mengelola lebih dari US$ 2,2 miliar modal ekuitas.

Norhstar Group fokus untuk berinvestasi di perusahaan yang sedang berkembang di Indonesia maupun negara-negara lain di Asia Tenggara.

Sejak berdiri pada tahun 2003, Northstar Group telah mengumpulkan lima dana ekuitas swasta dan berinvestasi di lebih dari 35 perusahaan di berbagai sektor seperti perbankan, asuransi, konsumer dan ritel, manufaktur, minyak dan gas, batubara dan pertambangan, teknologi, telekomunikasi, dan agribisnis.

“Northstar Group telah menginvestasikan lebih dari US$ 3,3 miliar dengan co-investor-nya di kawasan Asia Tenggara,” tulis laman resmi Northstar Group yang dikutip Kontan.co.id, Minggu (29/8).

Baca Juga: Patrick Walujo Pemilik Northstar Bicara Investasinya di Gojek, ESSA & Alfamart (AMRT)

Adapun sosok di balik nama besar Northstar Group adalah Patrick Walujo. Ia mendirikan Northstar Group pada 2003 bersama Glenn Sugita. Patrick Walujo sendiri merupakan menantu dari pendiri Triputra Group yaitu T.P. Rachmat yang juga pernah menjadi bos Astra Group.

Apabila ditelusuri, ada sejumlah emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terafiliasi atau dimiliki oleh Northstar Group.

Misalnya, PT Bank Jago Tbk (ARTO), di mana Northstar Group memiliki saham emiten tersebut lewat Wealth Track Technology sebanyak 11,68%. PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) dimiliki Northstar Group melalui Clover Universal Enterprise Ltd dengan kepemilikan saham 14,95%.

Lalu, ada emiten jasa pertambangan, PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) yang dimiliki Northstar Group melalui Northstar Tambang Persada Ltd sebanyak 37,86%.

Ada pula PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) yang bergerak di bidang pembiayaan, di mana Northstar Group memiliki 42,81% saham BFIN lewat Trinugraha Capital & Co Sca.

Northstar Group juga berinvestasi di perusahaan sekuritas yaitu PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) melalui Advance Wealth Finance Ltd dengan kepemilikan sebesar 49,23%.

Kembali mengutip situs resmi perusahaan, Northstar Group turut berinvestasi di PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) yang turut mengelola bisnis minmarket Indomaret. Northstar Group juga berinvestasi di perusahaan asuransi yaitu PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU).




TERBARU

[X]
×