kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengajak para guru berbagi cerita mengajar di era new normal


Senin, 05 Oktober 2020 / 15:33 WIB
Mengajak para guru berbagi cerita mengajar di era new normal
ILUSTRASI. Seorang guru SMK Taman Siswa 2 Kemayoran, Jakarta Pusat sedang merekam video untuk mengikuti kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya, terlebih dengan berbagai protokol kesehatan yang perlu dilakukan demi mencegah penularan.

Proses belajar mengajar di sekolah pun menjadi sektor yang terpengaruh. Beruntungnya saat ini teknologi berkembang semakin maju, mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan hidup. Salah satu kemajuan teknologi adalah dalam bentuk sekolah online yang diadopsi pada masa Covid-19 seperti sekarang.

Dengan diadakannya sekolah online, dunia pendidikan pun berbenah. "Guru-guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran secara efektif meski melalui sekolah online," mengutip siaran pers Acer, Senin (5/10).

Walau guru harus mengajar dari jarak jauh, namun tak semua murid dan orang tua siap menjalani belajar dengan cara baru tersebut. Kondisi ini memicu banyaknya ide-ide kreatif untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang interaktif, yang dapat dipahami dan diterima tidak hanya oleh murid didik, tetapi orang tua dan juga tentunya para pendidik.

Baca Juga: Rekomendasi laptop Lenovo terbaru, harga murah Rp 4 jutaan

Guraru (Guru Era Baru) merupakan sebuah wadah berbagi para guru agar semakin banyak guru melek teknologi yang dapat memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran yang lebih optimal.

Situs yang bisa diakses melalui alamat www.guraru.org ini memiliki kontributor dari latar belakang pendidik, guru, praktisi pendidikan, dan konsultan pendidikan, serta didukung oleh tim komunikasi digital Acer Indonesia.

Saat ini Guraru sedang mengadakan Writing Competition 2020 bertajuk “Berbagi Kisah Mengajar di Era Kebiasaan Baru”.

Acer mengajak para guru untuk berbagi cerita unik dan menarik selama mengajar di masa pandemi ini. Ada 2 topik yang bisa dipilih oleh para guru. Topik pertama yaitu berbagi cerita mengenai pengalaman unik guru pada saat proses belajar mengajar sebelum dan selama new normal.

Baca Juga: Rekomendasi laptop Lenovo terbaru, harga murah mulai Rp 4 jutaan

Topik kedua adalah bagaimana peran dan fungsi teknologi favorit guru dalam mendukung proses pembelajaran BDR (Belajar Dari Rumah) selama new normal.

Melalui kompetisi ini Guraru ingin mengajak semakin banyak guru untuk berbagi cerita unik mereka, yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi guru-guru lainnya di seluruh Indonesia yang mungkin memiliki pengalaman dan tantangan unik selama mengajar di era pembelajaran baru seperti saat ini.

Guraru Writing Competition 2020 telah dibuka mulai tanggal 21 September hingga 9 Oktober 2020. Selain bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan guru di seluruh Indonesia, Guraru Writing Competition 2020 juga menyediakan hadiah menarik berupa voucher belanja senilai Rp 1,5 juta dan dua hadiah utama yaitu laptop terbaru dari Acer, Aspire 5 Magical Color dan Swift 1 Rainbow Effect.

Selanjutnya: Acer hidupkan kembali situs berbagi informasi Guraru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×