kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri BUMN Erick haramkan Pertamina punya saham di Pertashop


Minggu, 18 April 2021 / 17:28 WIB
Menteri BUMN Erick haramkan Pertamina punya saham di Pertashop
ILUSTRASI. Menteri BUMN Eric Thohir bersama Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya , Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyaksikan operasional perdana Pertashop, di Ponpes Nurul Quran, Karang Pucung, Cilacap, Jateng, Minggu (11/4)

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pemerintah menargetkan akan membangun 1.000 Pertashop di pesantren  sepanjang tahun 2021 ini. Tahun berikutnya, menjadi dua kali lipat yakni 2.000.

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan, seluruh pebisnis daerah atau pengelola pesantren bisa membuka peluang membuka Pertashop .

Bahkan Erick mengharamkan Pertamina memiliki saham di Pertashop.  "Saya putuskan, Pertamina tidak boleh punya saham 1% pun. Pertashop harus diberi kepada pengusaha daerah ataupun pesantren," tandas Menteri BUMN Erick dalam gelaran Milenial Fes x PPI Belgia secara virtual Minggu (18/4)

Baca Juga: Pertamina gencar dorong ekspansi SPBU dan Pertashop

Menurut Erick, pembangunan 1.000 Pertashop di pesantren berpotensi membuka lapangan kerja di daerah. Harapannya:  ini bisa menggenjot geliat ekonomi lokal.

Untuk itu, pemerintah mendorong kerja sama Pertamina (Persero) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk memfasilitasi program tersebut.

Sebagai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum MES Erick melihat ada potensi pembukaan lapangan kerja dalam pembangunan Pertashop, selain kesempatan membuka bisnis bahan bakar minyak di daerah.

Baca Juga: Bank Mandiri gandeng Pertamina gelar program pembiayaan untuk mitra Pertashop

Makanya, Pertashop nanti akan dibangun di sejumlah daerah tidak akan dikuasai Pertamina. Meskipun, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini itu merupakan kemitraan antara Pertamina dan pengusaha lokal.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian BUMN meresmikan satu Pertashop di Pondok Pesantren Surusunda, Karangpucung, Cilacap. Saat itu, Erick menyebut ada pengusaha lojal dengan usia baru 34 tahun sudah berani membuka bisnis BBM dan berharap Pertashop menjadi sumber mata pencahariannya. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×