kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski terdampak pandemi, Fast Food (FAST) tetap tambah gerai KFC hingga akhir tahun


Kamis, 19 November 2020 / 22:12 WIB
Meski terdampak pandemi, Fast Food (FAST) tetap tambah gerai KFC hingga akhir tahun
ILUSTRASI. Gerai KFC


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST) sepanjang tahun ini ikut terdampak pandemi virus corona (Covid-19). Hal tersebut sudah terlihat dari kinerja operasional perusahaan. 

Public Relations KFC Indonesia Ika Diah Rhanny mengungkapkan, pandemi Covid-19 sangat berdampak nyata pada KFC. Walau begitu, hingga saat ini perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan. 

"Di awal PSBB beberapa store KFC yang berada di dalam mal harus tutup karena mengikuti operasional mal. Maka karyawan yang berada di store tersebut dirumahkan. Sekarang sudah kembali bekerja karena mal sudah dibuka kembali," ujar dia kepada Kontan.co.id, Kamis (19/11).

Kendati belum merilis laporan keuangan kuartal III-2020, kinerja emiten ini pun diperkirakan masih belum mampu bangkit. Mengingat berdasarkan kinerja semester I-2020, pendapatan FAST anjlok 25,4% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 2,51 triliun. 

Baca Juga: Genjot penjualan, KFC Indonesia tebar promo dine-in

Perusahaan pun mencatatkan rugi periode berjalan sebesar Rp 142,23 miliar dalam enam bulan pertama 2020. 

Adapun, pendapatan dari restaurant support centre Jakarta masih menjadi tulang punggung pendapatan FAST. Hal ini tercermin dari pendapatan sebesar Rp 913,69 miliar atau 36,33% dari total omzet perseroan sepanjang semester pertama tahun ini berasal dari wilayah Jakarta.

Kendati demikian, perusahaan tetap berkomitmen untuk terus menjalankan rencana ekspansi berupa pembukaan outlet di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini. “Rencana pembukaan store KFC masih dilanjutkan. 10 store akan dibuka hingga akhir tahun yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Ika.

FAST juga masih berusaha untuk mencapai target penjualan dengan waktu yang tersisa kurang lebih satu bulan sebelum tahun ini berakhir. Salah satu cara untuk tetap menjamin pemasukan di tengah pandemi, KFC mulai berganti strategi menjemput bola dengan berjualan di pinggir jalan. 

Kini KFC banyak membuka gerai di pinggir jalan sejak April 2020. Umumnya paket makanan yang ditawarkan adalah menu ayam goreng dengan nasi.

Baca Juga: Suka makan kulit ayam KFC? Ini sejarah KFC di Indonesia

Selain itu, KFC juga memberikan produk promo yang menarik dengan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen, memberikan produk yang sesuai standart, melayani konsumen dengan baik, dan tetap melakukan inovasi.

Ika juga mengaku, insentif dari pemerintah sudah diterima oleh beberapa karyawan, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya: Belum Kebal dari Pandemi, Emiten Barang Konsumen Mencatatkan Penurunan Kinerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×