kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Migrasi Tiktok-Tokopedia Segera Selesai, Komisi VI DPR Mengapresiasi Kinerja Kemendag


Senin, 18 Maret 2024 / 23:11 WIB
Migrasi Tiktok-Tokopedia Segera Selesai, Komisi VI DPR Mengapresiasi Kinerja Kemendag
ILUSTRASI. Penggunaan aplikasi Tokopedia dengan latar belakang logo aplikasi TikTok di Jakarta (31/1/2024). PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan tuntasnya proses investasi TikTok senilai total Rp 34,22 triliun di Tokopedia. Dua pemain utama e-commerce ini mengawali kemitraan dengan kampanye Beli Lokal yang diluncurkan pada Desember 2023 silam. Program ini melibatkan ribuan merchant lokal dan mencatatkan pertumbuhan penjualan lebih dari 125% di kedua platform. (Foto Dok. GOTO)


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Proses migrasi dan integrasi Tiktok Tokopedia berjalan mulus. Progres yang sudah mencapai lebih dari 87% dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan isyarat hasil migrasi ini bisa meluncur sebelum hari raya Lebaran nanti. Dengan begitu maka para pihak berhasil memenuhi segala persyaratan sesuai tenggat yang diberikan.

Perkembangan terbaru ini menuai apresiasi dari sejumlah anggota Komisi VI DPR RI sebagai mitra kerja Kemendag di parlemen. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ini dinilai berhasil membantu para usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk berjualan kembali di platform Tiktok Shop yang kini sudah terintegrasi dengan Tokopedia.

“Saya melihat proses integrasi Tiktok dan Tokopedia berjalan baik. Keduanya menunjukkan itikad untuk memenuhi tenggat yang diberikan pemerintah. Mereka mengikuti apa saja saran pemerintah terutama memberikan pendampingan terhadap UMKM agar lebih kompetitif berjualan di e-commerce,” kata Intan Fauzi, anggota Komisi VI dari Fraksi PAN.  

Menurut Intan keberpihakan yang ditunjukkan dengan pendampingan itu sangat penting karena digitalisasi UMKM adalah agenda bersama dalam meningkatkan peran sektor riil dan pelaku usaha mikro di ekonomi digital.

Maka itu, ia berharap agar program Beli Lokal yang digagas Tokopedia terus dilanjutkan sehingga dapat menjadi katalis positif bagi pengembangan UMKM.

“Kolaborasi Tiktok dan Tokopedia telah mengakhiri puasa UMKM untuk berjualan di platform. Langkah selanjutnya adalah memastikan para seller mampu berkompetisi dan lebih kreatif dalam berjualan online,” kata legislator dari Dapil Jabar VI ini.  

Intan menjelaskan perkembangan terbaru ini dapat memberikan kepastian bagi para pelaku usaha yang selama ini menjadi bagian dari ekosistem Tiktok. Para seller menjadi lebih percaya diri untuk melakukan ekspansi seiring tuntasnya proses perizinan penggabungan bisnis aplikasi Tiktok Tokopedia. “

Selain memberikan kepastian bagi pelaku usaha, proses integrasi yang mendekati tuntas itu juga bisa mengakhiri polemik di publik yang berkembang selama dua bulan terakhir. “Sebenarnya saya melihat hal tersebut tidak lebih dari sekedar persaingan bisnis. Ada pihak pihak yang terganggu jika keduanya bersatu, lalu mereka menempuh berbagai cara untuk menghambatnya,” katanya.

Menurut dia, setelah migrasi tuntas dan polemik berakhir, mereka bisa kembali fokus ke bisnis dan berlomba lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen dan para mitra.

“Potensi ekonomi digital negeri ini terlalu besar untuk dikuasai sendirian. Justru kita perlu memberikan jalan bagi investasi baru agar skala ekonomi bisnis e-commerce semakin besar. Yang diuntungkan dari semua itu adalah masyarakat selaku konsumen dan para UMKM yang menjadi mitra usaha,” kata Intan.
 
Direktur Segara Research Institute Piter Abdullah juga mengapresiasi konsistensi Kemendag dalam mengawal sekaligus membina para pihak untuk menjalankan bisnis model sesuai ketentuan.

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan solusi dan kepastian hukum bagi para pelaku usaha. Kemendag juga terlihat lebih fokus pada nilai tambah atau manfaat yang dihasilkan dari integrasi kedua platform yang saling melengkapi ini bagi kelanjutan agenda besar digitalisasi UMKM,” kata Piter, Jumat (15/3).

Piter juga memuji inisiatif Kemendag dalam memberikan masa transisi tanpa harus menghentikan bisnis e-commerce di platform kedua nya. Inisiatif ini memberikan nafas bagi UMKM yang penjualan produknya selama ini sangat tergantung pada Tiktok.

“Itikad baik Kemendag ini membuat roda bisnis UMKM kembali berputar. Seller Tiktok tetap bisa jualan live di saat integrasi platform dan migrasi sistem terus berlangsung. Tidak kebayang kalau mereka dipaksa berhenti hanya karena alasan menunggu proses tuntas. Apalagi ini bulan Ramadan, musim panen para pedagang,” kata Piter.   

Menurut piter yang substansial dari integrasi Tiktok dan Tokopedia adalah berpindahnya sistem elektronik, migrasi data dan transaksi ke Tokopedia, sebagaimana diatur Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Setelah semua aspek yang bersifat substansial terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah memastikan kenyamanan penjual dan pembeli tidak berubah. Menurut Piter pola belanja dan berdagang secara live yang dilengkapi dengan fitur “keranjang” sudah menjadi tren yang tidak bisa dilawan. Ini budaya baru yang memberikan kenyamanan dan kepraktisan.

“Fakta menunjukkan, fitur belanja yang diperkenalkan Tokopedia Shop itu sangat memudahkan seller dalam berjualan dan memperluas pasar. Sementara konsumen mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi. Jadi, agak aneh, sesuatu yang berjalan baik, memberikan manfaat besar, malah mau diotak atik. Yang penting transaksinya ada di Tokopedia karena regulasinya memang mengatur demikian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×