kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MIND ID Hijaukan IKN, Sumbang Ratusan Ribu Bibit Pohon


Selasa, 22 November 2022 / 10:34 WIB
MIND ID Hijaukan IKN, Sumbang Ratusan Ribu Bibit Pohon


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program penghijauan Ibu Kota Negara (IKN) yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR didukung penuh oleh holding pertambangan BUMN, MIND ID.

Dukungan itu dilakukan oleh MIND ID dan Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) dengan memberikan bibit-bibit pohon berkualitas sebanyak 141.400 bibit dengan 65 jenis tanaman kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Cibubur, Bekasi, pada Senin (21/11).

Basuki mengatakan, bibit pohon yang akan dibawa ke IKN dari Cibubur tersebut berusia 5-8 tahun. Nantinya, penanaman bibit pohon dilakukan sepanjang jalan tol di IKN.

“Konsep IKN itu kan 70 persen adalah lahan terbuka hijau, jadi estetikanya benar-benar kita pikirkan,” katanya.

Baca Juga: MIND ID Targetkan Pembangunan Smelter Freeport Indonesia Capai 50% di Akhir Tahun

Menurut Doni Monardo selaku Komisaris Utama MIND ID dan juga Ketua Umum PPAD, memindahkan bibit pohon tersebut butuh keahlian khusus.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan, konsep IKN adalah green building, green energy, dan semangat itu juga sama dengan MIND ID karena sejalan dengan road map sustainability pathway MIND ID, terutama pada pilar Lingkungan.

Selain itu juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada poin 13, Penanganan Perubahan Iklim.

“Sesuai arahan Menteri BUMN melalui Permen BUMN nomor 05 tahun 2022 tentang peningkatan kualitas hidup, peningkatan SDM, dan mitra binaan naik kelas, maka di tiga poin tersebut semua ada di IKN. Jadi semangat kita sama,” jelasnya.

Ia melanjutkan, MIND ID juga akan memperluas lokasi-lokasi lahan pembibitan untuk mendukung program penghijauan di IKN dan Indonesia.

Baca Juga: Laba PT Timah (TINS) Melonjak 87% di Kuartal III 2022, Ini Penyumbang Terbesar

Pembibitan itu juga akan digunakan di seluruh anggota grup MIND ID yang terdiri dari PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk. Lahan-lahan bekas tambang nantinya akan memerlukan bibit-bibit pohon baru.

Sebagai informasi, Grup MIND ID memiliki program reklamasi, dan program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS. Sampai dengan akhir tahun 2021 luas reklamasi sebanyak 5.814 hektare.

Sedangkan untuk rehabilitasi DAS sampai dengan tengah tahun 2022 Grup MIND ID telah mengerjakan penanaman dan pemeliharaan sebanyak 1.949 hektar dari target keseluruhan 3.641 hektare.

“MIND ID sebagai bagian dari Kementrian BUMN tidak hanya menjalankan bisnis dan operasional Perusahaan, namun juga harus mampu sebagai agen pembangunan Negara. Oleh karena itu, apa yang kami lakukan hari ini harus dipandang sebagai kontribusi MIND ID dalam membangun bangsa Indonesia,” tutup Dany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×