kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

MIND ID berharap laba bersih tahun ini bisa tembus Rp 8 triliun


Selasa, 31 Agustus 2021 / 19:03 WIB
MIND ID berharap laba bersih tahun ini bisa tembus Rp 8 triliun
ILUSTRASI. MIND ID berharap laba bersih tahun 2021 bisa tembus Rp 8 triliun.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. MIND ID berupaya mendongkrak laba. Holding BUMN Pertambangan itu berharap, laba bersih konsolidasi perusahaan bisa menembus angka Rp 8 triliun pada tahun ini.

Laba tersebut jauh melampaui estimasi awal untuk perolehan laba tahun yang ditaksir berkisar Rp 2 triliun - Rp 4 triliun. 

“Secara konservatif mestinya angka Rp 8,5 - Rp 9 triliun tercapai. Kalau cuaca baik, produksi baik semua, harga seperti sekarang, bisa sampai Rp 10 triliun. Tapi tentu kita tidak perlu terlalu gegabah karena memang tambang ini sangat bergantung pada keadaan cuaca juga,” kata  CEO Group MIND ID Orias Petrus Moedak dalam konferensi pers yang digelar virtual pada Selasa (31/8).

Di semester I 2021 lalu, MIND ID sudah membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 39,2 triliun atau naik sekitar 34% dibanding realisasi pendapatan semester I 2020 yang sebesar Rp 29,3 triliun.

Baca Juga: MIND ID cetak laba bersih Rp 4,85 triliun pada semester I 2021

Dari pendapatan itu, MIND mengantongi laba bersih sebesar Rp 4,7 triliun, berbalik dari semester I 2020 yang tercatat rugi bersih Rp 1,8 triliun. Angka ini juga sudah melampaui realisasi perolehan laba bersih tahun 2020 selama setahun penuh yang positif Rp 1,8 triliun, maupun perkiraan awal kinerja laba bersih tahun 2021 yang diestimasi berkisar Rp 2 triliun - Rp 4 triliun itu.

Menurut Orias, pencapaian ini didorong oleh sejumlah faktor. Antara lain, kinerja produksi dan penjualan perusahaan berjalan optimal di sepanjang semester I 2021. Hal ini berjalan beriringan dengan permintaan di berbagai belahan dunia serta harga komoditas global yang mengalami peningkatan.

Di sisi lain, MIND ID juga menerapkan strategi keuangan untuk menjaga tingkat likuiditas serta melakukan efisiensi di seluruh lini operasional Grup MIND ID.

“Ada beberapa efisien yang terjadi dengan sendirinya karena traveling yang berkurang,” ujar Orias mencontohkan.

Di awal paruh kedua tahun ini, tepatnya sampai akhir Juli 2021 lalu, perolehan laba bersih MIND ID sudah mencapai sekitar Rp 6 triliun. Orias berharap, harga-harga komoditas global bisa terus menunjukkan tren yang positif, diiringi dengan situasi pandemi Covid-19 yang terus membaik.

Pada tahun ini, MIND ID mencanangkan anggaran belanja modal atawa capital expenditure (capex) sekitar  Rp 29 triliun untuk investasi pada sejumlah proyek. Hanya saja, realisasi belanja modal MIND ID pada tahun ini diperkirakan bisa tidak mencapai 100% dari total anggaran yang dicanangkan. Pergerakan orang dan barang yang melambat di tengah pandemi menjadi tantangannya.

“Kalau bisa tercapai 30% sudah bagus,” kata Orias.

 

Selanjutnya: Proses pemisahaan Inalum Operating dan MIND ID masih berlangsung, ini kata MIND ID

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×