Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) pada tahun ini bakal lebih masif melakukan ekspansi di wilayah Indochina. Salah satu pasar yang paling potensial untuk digarap adalah Vietnam, apalagi performa gerai-gerai perusahaan di Vietnam cukup apik.
VP Sharma, Wakil Presiden Direktur MAPI menyampaikan bahwa perusahaan akan memperkuat segmen fesyen, active, dan F&B ke Vietnam. Hanya saja dirinya belum mau membeberkan berapa gerai baru yang akan dibuka.
"Indochina akan menjadi prioritas kedua, prioritas pertama kami adalah fokus di Vietnam. Thailand juga sudah mature pasarnya jadi di Thailand kami tidak investasi ritel," ujarnya di Jakarta, Senin (7/5).
Asal tahu saja, pertumbuhan bisnis di Vietnam cukup baik, dua gerai Zara di sana bahkan menjadi dua gerai Zara dengan performa terbaik se-Asia. Tahun 2016, kontribusi Vietnam baru sebesar 1% sedangkan pada tahun lalu mencapai 4%. Di kuartal I bahkan kontribusinya tercatat mencapai 7% dari total pendapatan MAPI.
Perusahaan mengatakan, tahun ini akan membawa Genki Sushi ke Vietnam namun belum menjelaskan lebih rinci berapa gerai yang akan dibuka di sana. Selain itu, MAP Active juga akan ekspansi, hanya saja saat ini perusahaan tengah menyiapkan brand-brand apa saja yang cocok untuk pasar Vietnam.
"Malaysia juga kami sudah dapat request (untuk buka) tetapi belum ada keputusan. Saya pikir step by step dan one by one, Indonesia masih menjadi fokus pasar, baru setelah itu Vietnam dan lainnya," katanya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News