kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,97   -11,52   -1.25%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra binaan Astra Honda Motor beralih produksi masker kain


Selasa, 14 April 2020 / 23:29 WIB
Mitra binaan Astra Honda Motor beralih produksi masker kain
ILUSTRASI. Para anggota kelompok usaha Kalihurip Satu Hati (KSH) sedang memproduksi masker kain.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beralih memproduksi masker kain sebagai respons atas kebutuhan masker yang terus meningkat di tengah pandemi corona (covid-19). 

Sebelumnya, kelompok usaha yang bernama Kalihurip Satu Hati (KSH) ini membuat kain lap serba guna dengan kapasitas produksi hingga 2 ton per bulan untuk memenuhi kebutuhan AHM serta beberapa perusahaan lainnya di Kawasan Industri Indotaisei, Cikampek, Jawa Barat.

“Melihat adanya kebutuhan warga dan harga masker yang cukup tinggi di pasaran, kami berinisiatif membantu penyediaan masker kain, terutama untuk warga desa Kalihurip,” kata Ketua KSH, Lilit Solihat dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, pukulan telak bagi pencari nafkah harian

Bekerja sama dengan perangkat desa, kelompok usaha yang beranggotakan delapan perempuan dari Desa Kalihurip, Karawang ini akan memproduksi sebanyak 4.000 masker untuk digunakan oleh warga desa sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian di tengah corona untuk tahap awal. Jumlah tersebut diharapkan bisa terus meningkat ke depannya.

Inisiatif yang diambil KSH sejak awal April ini mendapatkan sambutan yang positif dari AHM. “Kami mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif kartini-kartini Karawang ini. Dengan keterbatasannya, mereka peduli dengan kondisi warga di sekitarnya,” ujar General Manager Corporate Communicaion AHM, Ahmad Muhibbuddin dalam keterangan tertulis.

Untuk diketahui, pembukaan usaha KSH diawali dengan bantuan modal awal berupa hibah 7 mesin jahit industri dan kelengkapan menjahit dari AHM pada akhir tahun lalu. 

Baca Juga: Food Station distribusikan gula pasir sebanyak 500 ton di Jakarta

Selain itu, AHM juga memberikan modal usaha pembuatan kain lap serba guna untuk industri berupa material seperti kain perca dan benang serta beragam pelatihan seperti pelatihan dasar menjahit, pelatihan organisasi, hingga pengetahuan mengenai kewirausahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×