kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsui beli obligasi perusahaan milik Chairul Tanjung CT Corpora ¥ 100 miliar


Jumat, 30 April 2021 / 19:33 WIB
Mitsui beli obligasi perusahaan milik Chairul Tanjung CT Corpora ¥ 100 miliar
ILUSTRASI. Mitsui & Co Ltd membeli obligasi konversi CT Corpora ? 100 miliar


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Mitsui & Co., Ltd. memutuskan membeli obligasi konversi dengan jumlah pokok sebesar ¥ 100 miliar yang diterbitkan oleh PT CT Corpora, perusahaan induk CT Corp. Asal tahu saja, CT Corp adalah perusahaan milik konglomerat Chairul Tanjung.

Mitsui dan CT menandatangani perjanjian pembelian obligasi konversi pada Jumat (30/4).

CT Corp adalah konglomerat yang berbasis di Indonesia, beroperasi di bisnis terkait konsumen termasuk layanan keuangan, ritel, media, properti, perhotelan, hiburan dan gaya hidup, dengan jangkauan luas ke konsumen Indonesia melalui beragam portofolionya.

Mitsui menilai, Indonesia dengan populasi terbesar di ASEAN yaitu 270 juta, diproyeksikan akan terus mengalami ekspansi konsumen berpenghasilan menengah, di mana generasi digital-native (generasi muda Milenial dan Generasi Z) akan menempati segmen konsumen terbesar.

Baca Juga: Sah! Konsorsium perusahaan Chaerul Tanjung kelola Pelabuhan Patimban

Kekuatan CT terletak pada keragamannya, sinergi dalam bisnisnya, dan ketangkasannya.

"Hal ini terbukti dari ketahanan dan tindakan cepat mereka terhadap perubahan lingkungan bisnis akibat Covid-19, sembari juga mengadaptasi strategi mereka dalam membangun platform digital untuk memenuhi kebutuhan generasi muda serta memperkuat kolaborasi dalam perusahaan grupnya," demikian keterangan tertulis Mitsui yang dikutip dari website Mitsui.

Obligasi konversi CT Corpora terdiri dari dua tranche yakni dalam mata uang yen senilai ¥ 67 miliar dan ¥ 33 miliar. Khusus obligasi konversi ¥ 33 miliar menggantikan obligasi korporasi yang ada dengan jumlah yang sama yang diterbitkan oleh CT yang telah dibeli Mitsui pada November 2018.

Struktur obligasi konversi menyediakan saling menguntungkan, berfungsi sebagai perlindungan sisi negatif serta berbagai opsi untuk mewujudkan potensi kenaikan dalam lintasan pertumbuhan CT di masa depan, termasuk kemungkinan pencatatan publik di masa mendatang.

Setelah membeli obligasi konversi, Mitsui akan berkomitmen terhadap pertumbuhan dan evolusi bisnis CT melalui penempatan komisaris, direktur, dan orang lain untuk memberikan keahlian dalam mendorong CT menjadi perusahaan multinasional.

Mitsui juga akan berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan CT di industri terkait konsumen melalui bisnis bersama yang memanfaatkan kemampuan pengembangan bisnis Mitsui yang telah terbukti.

Dalam Rencana Manajemen Jangka Menengah Mitsui, pasar Asia diidentifikasi sebagai salah satu fokus strategis utama Mitsui. Tujuannya untuk membangun pilar baru jalan bisnis di Asia, mesin pertumbuhan dunia.

Aliansi strategis dengan CT adalah upaya unggulan yang bertujuan untuk membangun "ekosistem konsumen" guna menangkap potensi pertumbuhan pasar konsumen Asia yang tinggi.

"Mitsui akan berkontribusi untuk meningkatkan nilai perusahaan CT, sekaligus memanfaatkan kapabilitas komprehensif kami untuk meningkatkan kualitas hidup konsumen Indonesia," demikian keterangan Mitsui.

Selanjutnya: Inilah 19 orang terkaya Indonesia versi Forbes April 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×