kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsui & SSIA Suntik Pendanaan ke Startup Energi Terbarukan Xurya


Jumat, 21 Oktober 2022 / 12:06 WIB
Mitsui & SSIA Suntik Pendanaan ke Startup Energi Terbarukan Xurya
ILUSTRASI. PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) startup penyedia jasa sewa dan instalasi PLTS menerima tambahan pendanaan seri A dari Mitsui & Co. (Mitsui) dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) sebesar USD 33 juta atau setara Rp 510 miliar pada 20 Oktober 2022.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Xurya Daya Indonesia, startup penyedia jasa sewa dan instalasi PLTS menerima tambahan pendanaan seri A dari perusahaan raksasa Jepang Mitsui & Co dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA). Kedua perusahaan ini menyuntik modal US$ 11,5 juta sehingga total pendanaan Xurya mencapai US$ 33 juta atau setara Rp 510 miliar pada 20 Oktober 2022.

“Dukungan pendanaan ini akan kami alokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS untuk mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia. Mitsui dan Surya Semesta Internusa juga merupakan partner strategik Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia," kata Managing Director dan Co-Founder Xurya Eka Himawan dalam siaran pers, Jumat (21/10). 

Menurut Eka, Xurya berencana untuk mengalokasikan pendanaan pada ekspansi pembangunan PLTS yang telah tumbuh hingga tiga kali lipat sejak awal tahun 2022. Pihaknya juga akan menggunakan dana segar terbaru untuk perkembangan teknologi serta menambah sumber daya manusia.

Baca Juga: Instalasi PLTS Atap Kian Diminati Sektor Komersial dan Industri

Hiromu Kayamori, GM Division Bisnis Hilir Baru Mitsui & Co mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global. "Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia," ujar Hiromu.

Xurya sebelumnya menerima pendanaan Seri A berjumlah US$ 21,5 juta pada Desember 2021 dari East Ventures (growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus. Dengan tambahan pendanaan dari Mitsui dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), total pendanaan Xurya mencapai US$ 33 juta atau setara Rp 501 miliar.

Xurya menerima modal awal yang penting dari SEACEF (dana yang dikelola oleh Clime Capital) yang didedikasikan untuk mempersiapkan bisnis energi bersih mendapatkan investasi skala besar. Hingga pengujung September 2022, Xurya telah mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 60 perusahaan dan sedang melakukan pemasangan di lebih dari 40 perusahaan lainnya. 

Baca Juga: Indonesia Menempati Peringkat Kelima Pencetak Startup Terbanyak di Dunia

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), Johannes Suriadjaja mengungkapkan, pendanaan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan melalui instalasi solar panel (PLTS Atap), salah satunya di kawasan industri.

"Sekaligus komitmen kami dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," imbuh Johannes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×