kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,44   -4,07   -0.44%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Shop bikin studio dan tambah RDC


Selasa, 11 Desember 2012 / 10:35 WIB
ILUSTRASI. Philippine Airlines. REUTERS/Kham


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Meski baru melansir MNC Shop sejak Agustus 2012, anak usaha PT Global Mediakom Tbk (BMTR) sudah mencanangkan langkah bisnis strategis di tahun 2017.

Lima tahun nanti, anak usaha MNC Group ini bakal melantai di bursa. "Ini target besar kami," kata Reino Barack, Chief Executive Officer PT MNC GS Home Shopping.

MNC Shop ini merupakan perusahaan patungan antara Global Mediakom dengan perusahaan sejenis asal Korea Selatan yaitu GS Shop dengan porsi saham 60:40. Nilai investasi untuk mendirikan perusahaan ini sekitar Rp 80 miliar.

Reino melihat meski baru berumur jagung, perkembangan bisnis MNC Shop cukup menjanjikan. Dari Agustus 2012 sampai sekarang, transaksi bisnis sudah mencapai Rp 25 miliar sampai Rp 30 miliar. Adapun produk yang suda terjual mencapai 30.000 produk.

Hasil yang cukup positif ini berkat sumberdaya yang dimiliki MNC Group. Untuk tahap awal, MNC Shop mengudara di Channel 88 Indovision selama 24 jam penuh. Lantas ditayangkan di beberapa media nasional milik MNC Group yakni RCTI, Global TV serta MNC TV. "Jadi kami memanfaatkan apa yang sudah dimiliki perusahaan," katanya.

Melihat hasil yang positif  ini, Reino menargetkan pendapatan MNC Shop dalam lima tahun ke depan bisa mencapai US$ 10 juta. .
Yuli Suliyanto, Chief Financial Officer PT MNC GS Home Shopping menambahkan, potensi bisnis belanja di media makin moncer. Apalagi

sebagian besar target pasar adalah para pelanggan televisi berbayar seperti Indovision.

Yuli optimistis dalam waktu tiga tahun ke depan, bisnis MNC Shop sudah bisa balik modal. Artinya, saat melantai ke bursa nanti, MNC Shop sudah bisa mendulang untung.

Supaya target tercapai, MNC Shop mulai ambil ancang-ancang. Tahun depan, mereka bakal ekspansi usaha dengan anggaran sebesar US$ 3,5 juta.

Modal ini bakal dipakai untuk membangun studio MNC Shop yang berada di sebelah gedung MNC di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. MNC Shop memang kudu punya studio sendiri. Pasalnya, sekitar 75% dari total jam siaran selama 24 jam bakal berlangsung secara live alias siaran langsung. "Jadi kami harus punya studio sendiri," katanya.

MNC Shop juga akan menambah penyalur barang ke konsumen atau regional distribution center (RDC). Saat ini mereka punya 8 RDC dan bakal bertambah 11 RDC lagi tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×