kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Moda transportasi mudik dan menu berbuka jadi tren topik di media sosial


Jumat, 08 Juni 2018 / 10:07 WIB
Moda transportasi mudik dan menu berbuka jadi tren topik di media sosial
ILUSTRASI. Media Sosial


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemantauan sosial media yang dilakukan oleh perusahaan intelijen media, Isentia, menunjukkan mobil merupakan moda transportasi yang paling banyak diperbincangkan netizen untuk perjalanan mudik lebaran. Sementara kurma merupakan makanan yang paling populer sebagai menu berbuka puasa.

Tercatat 37% dari 91.614 perbincangan mengenai mobil sebagai moda transportasi mudik di berbagai media sosial. Kemudian disusul oleh perbincangan mudik menggunakan kereta 19%, motor 17%, bus 11%, lalu kapal laut dan pesawat terbang masing-masing sebesar 8% dan 7%.

Rendy Ezra, Insight Manager Isentia mengatakan tren topik mudik menggunakan mobil salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya program mudik gratis menggunakan mobil ataupun tawaran lainnya, seperti program bensin gratis, servis mobil gratis selama Ramadan, juga promo diskon mobil selama bulan puasa.

Sementara itu, sebanyak 41% pengguna sosial media memilih kurma sebagai makanan untuk berbuka puasa, disusul gorengan dengan 37%, diikuti oleh preferensi berbuka puasa dengan kolak 17% dan lontong 5%.

Kedua tren tersebut muncul berdasarkan hasil monitoring dari Isentia terhadap berbagai kanal media sosial dari rentang periode 1 Januari-16 Mei 2018.

Twitter masih merupakan kanal media sosial yang paling banyak dipergunakan, sebanyak 68,5%.

“Temuan ini bisa dijadikan sebagai acuan, khususnya bagi perusahaan untuk melakukan sebuah acara atau tema kegiatan mereka di bulan Ramadan. Sebagai contoh, ada perusahaan yang membagikan tiga ton kurma selama bulan Ramadan ini kepada masyarakat sebagai bagian dari aksi korporasinya, ada pula yang membagikan takjil dan buah kurma untuk berbuka puasa, dan sebagainya,” kata Rendy dalam keterangan yang diterina kontan.co.id, Kamis (7/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×