kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ModernCikande jalin kerja sama dengan pengembang cluster halal dunia


Kamis, 04 April 2019 / 22:29 WIB
ModernCikande jalin kerja sama dengan pengembang cluster halal dunia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Modern Industrial Estate yakni pengembang Kawasan industri ModernCikande Industrial Estate (MCIE) menjalin kerja sama dengan pengembang cluster halal di dunia. Kerjasama tersebut didapatkan dalam pameran Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2019 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, 3–6 April 2019.

Modern Halal Valley (Indonesia) yakni kluster baru halal yang dikembangkan MICE telah meneken nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) dengan Cordoba Halal Cluster (Spanyol), Penang International Halal Hub (Malaysia) dan Iskandar Halal Park (Malaysia).

MoU itu bertujuan untuk mencapai keuntungan sinergi bagi industri-industri yang berbasis pada produk halal dan pengembangan bisnis halal lainnya melalui jaminan produk halal, sumber bahan baku, akses pasar, promosi bersama, serta penelitian dan pengembangan.

Pascall Wilson, Direktur Utama PT Modern Industrial Estat menuturkan, satu-satunya cara untuk memenuhi permintaan atas meningkatnya pasar produk halal secara efektif adalah dengan menciptakan merek-merek produk halal baru serta membawa arus perkembangan industri ke global market halal dengan cara berkolaborasi di antara cluster halal di dunia dibanding beroperasi secara terpisah. 

“Jaringan Cluster Halal merupakan salah satu key factor untuk mengembangkan industri halal secara global,” ujar Pascall dalam keterangan resminya, Kamis (4/4).

MIHAS 2019 merupakan pameran produk halal tingkat internasional yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade. MICE tampil perdana dalam ajang tersebut dengan menampilkan produk unggulan bertajuk Modern Halal Valley, sebuah klaster industri halal pertama yang terintegrasi dan terbesar di Indonesia. 

Klaster itu memiliki luas 500 hektare (ha) yang akan merangkum Halal Intergrated supply chain, standard factory building, industrial land, dan logistic park.

Pascall Wilson menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, maka negara ini juga merupakan pasar bagi makanan halal terbesar di dunia, kosmetik halal terbesar kedua dan pasar farmasi halal terbesar keempat di dunia.

Selain menjual kavling lahan industri siap bangun, ModernCikande Industrial Estate juga dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas pendukung serta pengaturan kawasan. Teranyar, salah satu bentuk inovasi yang dikembangkan ModernCikande Industrial Estate adalah dengan mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal pertama yang terintegrasi dan terbesar di Indonesia dengan lahan seluas 500 hektar.

Tahap pertama, Modern Halal Valley akan mengembangkan kawasan zona logistik halal internasional yang dibagi dalam beberapa sektor, mulai dari pusat distribusi nasional, kompleks ruang pendingin, dan berbagai sektor lainnya.

Modern Halal Valley juga menyediakan ruang komersial bagi perusahaan yang aktif dalam bisnis halal, perdagangan, dan perbankan baik skala nasional, Asia dan dunia. Modern Halal Valley juga merupakan tempat yang tepat bagi para wirausahawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan ingin berkontribusi dalam industri halal global di Indonesia.

“Kami berharap kiranya cluster ini mampu mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia sekaligus menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemain utama di Industri halal global." Tandas Pascall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×