kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Momentum Libur Natal 2021, KAI Layani 146 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh


Senin, 27 Desember 2021 / 11:57 WIB
Momentum Libur Natal 2021, KAI Layani 146 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh
ILUSTRASI. Penumpang bersiap menaiki kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (21/12/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat pada momentum libur Natal yakni 24-26 Desember 2021 telah melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari. Jumlah tersebut mencapai sebanyak 60% dari kapasitas yang KAI sediakan yaitu sebanyak 242.466 tempat duduk.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan rute yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah Jakarta-Cirebon pp, Jakarta-Purwokerto pp, Yogyakarta-Purwokerto pp, Surabaya-Madiun pp, dan lainnya.

“KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa Nataru ini sesuai dengan regulasi pemerintah,” kata Joni dalam keterangan resminya, Senin (27/12). 

Adapun total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 24-26 Desember ada sebanyak 10.432 pelanggan. Rinciannya adalah belum vaksin kesatu dan kedua 2.115 pelanggan, pelanggan usia di bawah 12 tahun belum PCR 5.373 pelanggan, sakit 36 pelanggan, dan tidak antigen 2.908 pelanggan.

Baca Juga: Humpuss Intermoda (HITS) Dorong Transformasi Digital

“Kami terus mengingatkan kepada calon pelanggan untuk melengkapi persyaratan naik KA pada masa Nataru sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021. Mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022 calon pelanggan usia di atas 17 tahun wajib telah divaksin dosis kedua dan bagi anak di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif PCR 3x24 jam,” tambah Joni.

Secara umum, tercatat juga pada periode 17-26 Desember 2021, KAI telah melayani 526.939 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 52.694 pelanggan per hari. Okupansinya mencapai 67% dari kapasitas yang tersedia yaitu sebanyak 787.583 tempat duduk. 

Joni menambahkan, untuk masa libur berikutnya yakni libur Tahun Baru 2022, tiket KA Jarak Jauh yang telah dipesan pada 27 Desember hingga 4 Januari 2022 adalah sebanyak 154.154 tiket atau rata-rata 17.128 tiket per hari. “Jumlahnya masih di bawah 30% dari kapasitas yang KAI sediakan yaitu sebanyak 658.670 tempat duduk,” katanya. 

Joni mengatakan jumlah tersebut masih akan bertambah dikarenakan penjualan tiket masih terus berlangsung hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×