kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mulai Senin (27/1) besok, kendaraan ODOL mulai ditindak tegas


Minggu, 26 Januari 2020 / 21:53 WIB
Mulai Senin (27/1) besok, kendaraan ODOL mulai ditindak tegas
ILUSTRASI. Truk melewati kepadatan jalan tol lingkar luar (JORR) di Jakarta Selatan, Jumat (17/1). Kementerian Perhubungan memberikan batas waktu hingga tahun 2022 bagi truk over dimension-overload atau ODOL untuk memasuki jalan tol. KONTAN/Baihaki

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai Senin (27/1), PT Hutama Karya (Persero) dan pihak terkait akan melakukan penindakan yang cukup tegas terhadap pelanggaran yang terjadi di jalan tol dimana salah satunya yang sedang menjadi perhatian saat ini adalah kendaraan Over Dimension dan Overload (ODOL).

"Nah mulai hari Senin (27/1) nanti, selama sepekan kami akan berlakukan penindakan bagi pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kapasitas yang melebihi batas yang sudah ditentukan. Minggu ini masih kami sosialisasikan pelan-pelan,” kata Executive Vice President Hutama Karya, J. Aries Dewantoro dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Minggu (26/1).

Baca Juga: Menhub ancam truk ODOL yang coba-coba lewat jalan tol

Hal ini merupakan bagian dari kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan singkatan dari “Selamat Sampai Tujuan” ini sebelumnya telah diluncurkan sejak bulan desember tahun 2019 lalu.

Dilanjutkan dengan cakupan wilayah yang lebih luas, kali ini Hutama Karya berkolaborasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), kembali menggelar sosialisasi masif secara serempak di seluruh ruas tolnya yakni di ruas tol Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, hingga Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung untuk di wilayah Jalan Tol Trans Sumatra; serta ruas tol JORR Seksi S dan tol Akses Tanjung Priok di Wilayah Jawa.

Aries mengatakan, Hutama Karya mendukung penuh pelaksanaan Kampanye SETUJU tahap 2 ini. Terdapat 5 pesan kunci yang ingin disampaikan dalam kampanye ini.

Baca Juga: Sah, nota kesepahaman terkait ODOL di jalan tol resmi ditandatangani

Antara lain, setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu, setuju untuk turunkan fatalitas kecelakaan di jalan tol, setuju untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol, setuju untuk tertib berkendara di jalan tol, dan setuju untuk tertib over dimensi menuju zero overload di jalan tol.

“Jadi ini sesuai dengan pesan terakhir dari lima aksi setuju yaitu setuju untuk tertib over dimensi menuju zero overload di jalan tol," kata Aries.




TERBARU

Close [X]
×