kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multi Bintang Indonesia (MLBI) Hadapi Tantangan Gejolak Rantai Pasok


Rabu, 29 Mei 2024 / 16:52 WIB
Multi Bintang Indonesia (MLBI) Hadapi Tantangan Gejolak Rantai Pasok
ILUSTRASI. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) optimistis dapat terus meningkatkan kinerja sepanjang 2024


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN - JAKARTA. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI), produsen bir Bintang dan Heineken, optimistis dapat terus meningkatkan kinerjanya dan bersaing di pasar minuman beralkohol di Tanah Air sepanjang 2024. Namun, ketidakpastian di rantai pasok global dapat mengganggu momentum pertumbuhan bisnis MLBI pada tahun ini.

Florentinus Jemmy Cahyono, Supply Chain Director Multi Bintang Indonesia, menyatakan bahwa kondisi bisnis MLBI mulai pulih setelah pandemi Covid-19. Permintaan produk minuman beralkohol meningkat seiring dengan banyaknya kegiatan pariwisata dan hiburan.

Namun demikian, kinerja MLBI masih belum mencapai level yang lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi.

“Secara year on year performa kami bisa tumbuh, namun belum kembali ke level sebelum pandemi,” ujar dia ketika ditemui Kontan, pertengahan Mei 2024 lalu.

Baca Juga: Multi Bintang (MLBI) Optimitis Prospek Industri Minuman Beralkohol Tahun Ini Cerah

Pada tahun 2023, Multi Bintang Indonesia mencatatkan pendapatan sebesar Rp 3,32 triliun dan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,06 triliun.

Angka tersebut masih di bawah pencapaian MLBI pada 2019, di mana pendapatan mencapai Rp 3,71 triliun dan laba bersih sebesar Rp 1,20 triliun.

Untuk kuartal I-2024, pendapatan MLBI turun 10,69% year on year (YoY) menjadi Rp 660,91 miliar. Namun, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk perusahaan naik tipis 0,45% YoY menjadi Rp 204,81 miliar.

Secara keseluruhan, peluang peningkatan kinerja MLBI hingga melampaui periode sebelum pandemi cukup terbuka. Namun, tantangan dari kondisi rantai pasok yang tidak pasti menjadi hal yang perlu diatasi.

Sejak adanya pandemi, terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran di rantai pasok, menyebabkan volatilitas harga komoditas yang tidak stabil. Ditambah dengan konflik geopolitik yang muncul belakangan ini, perdagangan global semakin terganggu.

Multi Bintang Indonesia terkena dampak dari masalah tersebut, mengingat semua bahan baku birnya berasal dari luar negeri, seperti malt, gula, hop, dan yeast. Biaya produksi MLBI meningkat sekitar 30%-40% semenjak krisis rantai pasok global.

“Harus diakui input cost kami dalam tiga tahun terakhir naiknya luar biasa,” kata dia.

Meskipun biaya produksi naik, MLBI tidak bisa sembarangan menaikkan harga jual produknya kepada konsumen akhir karena akan mengurangi daya saing di pasar.

 

Oleh karena itu, MLBI fokus pada peningkatan yang berkelanjutan. Perusahaan berusaha meningkatkan produktivitas untuk mengimbangi biaya produksi dan operasional yang tinggi. Produktivitas yang tinggi harus didukung oleh upaya efisiensi yang baik.

Jemmy tidak memberikan informasi pasti terkait peluncuran produk baru pada 2024. Namun, inovasi terus dilakukan oleh tim riset dan pemasaran MLBI.

Perusahaan akan meneliti berbagai aspek terkait demografi konsumen, wilayah penjualan, dan kondisi kompetitor sebelum menentukan arah pengembangan produk baru.

MLBI menjual berbagai produk minuman beralkohol seperti Bintang Pilsener, Bintang Crystal, Bintang Anggur Merah, Bintang Radler, Tiger Soju Flavoured Lager, dan Heineken. Produk-produk ini tersedia dalam kemasan kaleng dan botol. MLBI juga menjual produk minuman non alkohol seperti Bintang 0.0 dan Green Sand.

Saat ini, MLBI memiliki pabrik pembuatan minuman beralkohol dan non-alkohol di Tangerang dan Mojokerto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×