kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim mudik Lebaran, bisnis penyewaan mobil untung besar


Selasa, 23 Agustus 2011 / 17:10 WIB
Musim mudik Lebaran, bisnis penyewaan mobil untung besar
ILUSTRASI. Pendapatan Garuda Indonesia (GIAA) merosot 67,79% menjadi US$ 1,14 miliar hingga kuartal ketiga 2020.


Reporter: Monika Novena | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Salah satu bisnis yang mampu mengeruk untuk berlipat di musim mudik Lebaran seperti sekarang ini salah satunya adalah jasa penyewaan mobil.

Manajer Humas Cipaganti, Stanly William mengatakan, Cipaganti mengalami kenaikan pesanan sebanyak 30% dibandingkan tahun lalu. "Kenaikan permintaan ini dipengaruhi beberapa hal, antara lain ekonomi masyarakat yang kembali bergairah, infrastruktur yang diperbaiki sehingga banyak jalur-jalur yang memudahkan jika ingin menggunakan mobil," ujarnya.

Untuk mudik Lebaran, Cipaganti menyiapkan sekitar 200 armada, yang terdiri dari beberapa pilihan mobil standar seperti Avanza, Xenia dan Inova. Sedangkan untuk level highclass antara lain Fortuner dan Pajero Sport. Dari total keseluruhan unit yang disediakan Cipaganti,75 % sudah di pesan untuk keberangkatan tanggal 25-27agustus mendatang yang akan berangkat dari Bandung.

"Tujuan favorit masih seputar daerah jawa tengah seperti Yogyakarta dan daerah Jawa Barat seperti Tasikmalaya. Adapun mobil-mobil yang paling diminati adalah jenis Avanza dan Inova.

Agar makin menarik, Cipaganti menyediakan dua paket untuk mudik. yaitu paket 7 hari dan 10 hari. Paket ini termasuk dengan pengemudi. Cipaganti mengenakan tarif lebih tinggi 20-25% dari harga normal.

Handra Hussen dari Hadi Rent A car juga mengaku selama libur Lebaran ini mengalami kenaikan permintaan pemesanan mobil. Dibandingkan tahun lalu, bisnis rental ini memang mengalami peningkatan sebanyak 45%. Total armada yang disewakan Handra sebanyak 30 unit. Namun, khusus Lebaran kali ini ia sampai harus menambah armadanya hingga 11 unit.

Harga sewanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 800.000 per hari. Penyewa mobil rata-rata menyewa selama 1 minggu dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara, Rental Griya Mobil Kita melayani penyewaan mobil untuk tujuan dalam kota. Rental ini hanya melayani tujuan seputar Jakarta dan Bandung. Meski mengaku tak menambah unit mobilnya, Anna, pengelola Rental Griya Mobil Kita mengatakan pada momen Lebaran seluruh persediaan mobilnya bisa tersewa. “Jika di hari biasa, mobil hanya tersewa 80% saja,” ujarnya.

Anna juga memberlakukan tarif tambahan sebanyak 30% dibandingkan hari biasa. Misalnya, untuk pemakaian mobil jenis Avanza yang pada waktu normal sebesar Rp 300.000 per 12 jam, naik menjadi Rp 390.000 per 12 jam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×