kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.471.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Mustika Ratu (MRAT) Tandatangani MoU Ekspor ke Lima Negara


Minggu, 23 Oktober 2022 / 16:32 WIB
Mustika Ratu (MRAT) Tandatangani MoU Ekspor ke Lima Negara
Kerja sama ekspor antara PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dengan mitra buyer dari lima negara Arab Saudi, UEA, Australia, Jepang, dan Amerika Serikat dalam Trade Expo Indonesia.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) melakukan penandatanganan memorandum kerja sama (MoU) dengan mitra buyer dari lima negara, meliputi Arab Saudi, UEA, Australioa, Jepang, dan Amerika Serikat (AS). Perjanjian kerja sama ini dilakukan dalam acara Trade Expo Indonesia ke-37 yang berlangsung di Indonesia Exhibition Bumi Serpong Damai City, Tangerang pada 20-22 Oktober 2022.

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang bersama perwakilan mitra buyer dari Australia, disaksikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan Juan Permata Adoe, Wakil KADIN Indonesia Bagian Hubungan Internasional Anne Patricia Sutanto, Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Ida Anjani dan Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May Mc Guire. 

Bingar menyatakan bahwa di tengah ekonomi dunia yang melesu akibat pandemi Covid-19 serta inflasi yang menimpa negara-negara dunia, MRAT tetap berhasil mencatat prestasi gemilang yang dibuktikan dengan keberhasilan perseroan mengekspor produknya ke mancanegara.

Baca Juga: Serius Garap Pasar Ekspor, Mustika Ratu (MRAT) Jual Produknya ke-32 Negara

Keberhasilan MRAT menembus pasar Jepang pada bulan Juli lalu turut memiliki dampak positif bagi konsumen di negara lain. Di mana, negara Jepang sendiri dikenal memiliki aturan yang sangat ketat dalam menerapkan kebijakan impor. 

"Kesuksesan ekspor ke Jepang menjadi jalan pembuka bagi negara tujuan ekspor baru yang lainnya. Tahun ini Mustika Ratu mampu menambah negara tujuan ekspor baru untuk produk Jamu dan Personal Care. Ini menunjukkan bahwa produk berbasis kearifan lokal dan alami Indonesia yang diproduksi MRAT dapat diterima oleh dunia internasional," ujar Bingar, dalam siaran pers, Minggu (23/10). 

Berdasarkan data perseroan, di sepanjang Januari-Agustus 2022, Mustika Ratu banyak menerima penawaran kerja sama ekspor dari berbagai negara baru. Produk-produk yang banyak diminati banyak datang dari kategori personal care dan herb suplemen.  

Tak hanya tawaran kerja sama dari negara tujuan baru, negara tujuan ekspor eksisting juga melakukan re-dealing, salah satunya adalah Nigeria dengan produk Jamu supplement. 

"Jamu supplement Mustika Ratu sendiri banyak diminati oleh konsumen di Nigeria khususnya jamu untuk kesehatan wanita," tambahnya. 

 

Secara keseluruhan, selama periode Januari-Agustus 2022, MRAT tercatat telah menerima permintaan ekspor dari Arab Saudi, Jepang, AS, UAE, Australia, Singapura dan Korea Selatan. 

Saat ini, Mustika Ratu sudah hadir di Europe, Asia, South East Asia, Australia, Africa, South America dan memiliki Branch di Malaysia. Untuk pasar Middle East dengan market produk Halal, Mustika Ratu sudah hadir di Saudi Arabia, Oman, Iraq, Libya, Bahrain dan UAE.

Sebagai catatan, sejak tahun 2021 sampai Oktober 2022, jumlah negara ekspor tercatat sebantak 34 negara atau ada penambahan 13 negara dalam periode tersebut.

"Saat ini sudah kurang lebih 200 SKU produk yang sudah di ekspor ke mancanegara dengan kontribusi segmen personal care 65%, kosmetik (0,5%), Herb Supplemen (23%), dan beverage (12%)," pungkas Bingar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×