kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nihil kecelakaan kerja, DSSP Power Kendari raih penghargaan K-3 dari Pemprov Sultra


Kamis, 28 Maret 2019 / 20:44 WIB
Nihil kecelakaan kerja, DSSP Power Kendari raih penghargaan K-3 dari Pemprov Sultra


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT DSSP Power Kendari kembali meraih penghargaan kecelakaan nihil dari Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara atas komitmen perusahaan dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) dan mencapai lima juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja pada kegiatan pembagunan IPP PLTU Kendari-3.

Pada bulan Agustus 2017, PT DSSP Power Kendari juga telah meraih penghargaan yang sama dalam pencapaian satu juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja dari Disnakertrans Sultra.

Penghargaan kecelakaan nihil tersebut diserahkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Saemu Alwi, kepada perwakilan manajemen PT DSSP Power Kendari, Awaludin Latif Shaubari, pada hari Kamis (28/3). Hadir juga dalam acara tersebut perwakilan PT PLN (Persero), Musyawarah Pimpinan Kecamatan Moramo Utara, dan kepala desa setempat.

Dalam  kata sambutannya, Saemu Alwi menekankan pentingnya pelaksanaan dan pengawasan K-3 untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja yang berpotensi menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, selain meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menekankan semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K-3 di lingkungan masing-masing sehingga budaya K-3 dapat terwujud di setiap wilayah kerja di Sulawesi Tenggara” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (28/3).

Sementara itu, Awaludin menegaskan pentingnya sistem manajemen K-3 untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja, serta memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam mendukung peningkatan daya saing perusahaan. “Melalui penerapan program K-3 secara konsisten dan berkesinambungan, kemungkinan terjadinya risiko-risiko diharapkan dapat diminimalisir” kata Awaludin.

PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2 x 50 MW yang berlokasi di Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, dan merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), salah satu perusahaan Sinarmas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

IPP PLTU ini dibangun dengan nilai investasi sekitar US$200 juta. Proyek IPP PLTU yang dibangun di atas lahan seluas 16 ha ini diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada tahun 2019.

Sebagai bentuk perwujudan dari komitmen perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan, DSSA telah mengembangkan program Engineering Development Program (EDP) dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL).

Program ini membina lulusan S1/D3 dan SMK/SMA dengan memberikan prioritas kepada putra-putri daerah asal propinsi sekitar lokasi IPP PLTU DSSA. Program ini tidak hanya mendidik putra-putri terbaik lulusan Perguruan Tinggi dan SMA/SMK untuk dicetak menjadi ahli ketenagalistrikan yang kompeten, handal dan tersertifikasi, tetapi juga memberikan kesempatan kerja bagi lulusan EDP dan PTPL di IPP PLTU milik DSSA. Saat ini 89 orang lulusan Program EDP dan PTPL telah bekerja sebagai engineer, operator, dan teknisi ketenagalistrikan di IPP PLTU Kendari-3.

Proyek IPP PLTU Kendari-3 merupakan salah satu dari tiga proyek IPP PLTU milik DSSA. Selain IPP PLTU Kendari-3, DSSA memiliki dua proyek IPP PLTU lain, yaitu IPP PLTU Sumsel-5 berkapasitas 2x150 MW di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (sudah beroperasi) dan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2x100 MW di Gunung Mas, Kalimantan Tengah (dalam tahap penyelesaian pembangunan). DSSA juga memiliki empat captive power plant yang terletak di Serang, Tangerang dan Karawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×