kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,51   -0,21   -0.02%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ninja Express Terus Kembangkan Komitmen Dukung UMKM dengan Ekosistem Logistik


Rabu, 17 Januari 2024 / 16:30 WIB
Ninja Express Terus Kembangkan Komitmen Dukung UMKM dengan Ekosistem Logistik
ILUSTRASI. Ninja Xpress terus mengembangkan komitmen untuk mendukung ekosistem logistik terutama di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, perusahaan logistik Ninja Xpress terus mengembangkan komitmen untuk mendukung ekosistem logistik terutama di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Head of PR Ninja Express Ribka Pratiwi mengatakan perusahaan memfasilitasi pengiriman bagi UMKM khususnya di bidang food and beverage atau FnB yang terbatas masa pengirimannya agar menjaga kesegaran dan kebaikan nutrisi di dalam makanan yang dikirim.

“Layanan delivery yang kita over ke temen-temen di industri FnB ini adalah sameday delivery. Untuk Ninja sendiri ada beberapa pengiriman, mulai dari regular, same day sampai instan delivery,” ungkap Ribka dalam acara Media Gathering & Diskusi Ninja Express dengan Para Pelaku Bisnis F&B dalam Rangka Peringatan Hari Gizi Nasional, Selasa (16/01).

Baca Juga: Ninja Xpress Dukung Efisiensi Pengiriman Makanan Sehat lewat Layanan SameDay Delivery

Ribka menambahkan, saat ini fitur sameday yang dimiliki oleh perusahaan masih terbatas secara wilayah, contohnya ada di Jabodetabek, seluruh Jawa, Sumatera dan beberapa kota di Sulawesi. 

“Yang Jabodetabek itu kita sebut greater Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat sama di Sumatera ada di Riau, Medan serta beberapa kota di Sulawesi,” kata Ribka.

Namun ia menambahkan, selama pihak UMKM melakukan pengiriman sebelum jam 2 siang, maka barang makanan atau minuman yang dikirim akan sampai di hari itu juga, paling lambat jam 10 malam. 

“Perbedaannya dari layanan same delivery, kualitasnya selalu kita jaga agar SLA (Service Level Agreement) atau janji Ninja Xpress itu mendekati 100%, sekarang kita di angka 98% artinya barang yang kita kirim itu tepat waktu,” ungkap Ribka.

Yang kedua, dari segi harga Ribka menambahkan Ninja Xpress menerapkan harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan harga dari aplikasi pengiriman yang lain. 

“Harganya juga kompetitif, kalau kita pakai aplikasi lain biasanya harganya (pengiriman) dihitung per kilometer, dan harganya mahal. Nah dengan Ninja Xpress, harganya sangat affordable sehingga kita mencoba membantu shipper,” ungkapnya.

Kemudian terkait ekspansi, Ribka mengatakan di akhir tahun ini Ninja Xpress akan mengeluarkan armada baru yang akan memaksimalkan pengiriman sameday. 

“Di akhir tahun kita akan mengeluarkan produk baru, jadi armada Ninja Xpress tidak hanya akan membantu mengirim same day dengan armada biasa tapi punya armada khusus untuk pengiriman makanan,” kata Ribka.

Karena secara teknis ia menambahkan bahwa pengiriman makanan itu ada dua jenis. Yang pertama pengiriman makanan secara aktif dan yang kedua, pasif. 

Baca Juga: Biaya Pengiriman Ninja Xpress Bakal Naik Awal Tahun 2024, Ini Penyebabnya

“Nanti Ninja Xpress akan punya armada pengiriman makanan yang aktif, jadi suhunya (makanan dan minuman) sama persis dari saat makanan dikirimkan hingga sampai ke tangan customer,” ungkapnya.

Selain layanan same day, Ninja Xpress juga menyediakan Creative hub (Photo dan video product dan Endorsement) yang hingga akhir 2023 lalu telah digunakan oleh lebih dari 9.000 shipper dan memberikan kemudahan untuk mempromosikan lebih dari 85.000 produk UKM. 

Lalu ada pula Ninja Biz (aplikasi 3PL pertama dan satu-satunya yang dapat mengirimkan paket dengan fitur kirim dulu bayar kemudian), hingga akhir tahun 2023 ada lebih dari 35% active shipper yang telah mengirim lebih dari 7.000 kg paket melalui aplikasi Ninja Biz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×